Tampilan Desktop



Upacara Melasti Umat Hindu Dijaga 185 Personil Polres Konsel
75 Dibaca

Upacara Melasti Umat Hindu Dijaga 185 Personil Polres Konsel

UPACARA MELASTI – Tampak ratusan umat Hindu saat menggelar ritual upacara Melasti, ritual ini dalam rangka pensucian diri menurut kepercayaan umat hindu. Upacara ini dilaksanakan di pantai Torobulu Kabupaten Konsel dan dikawal oleh 185 anggota polres Konsel. (Erik Ari Prabowo/ZONASULTRA.COM)

 

ZONASULTRA.COM, ANDOOLO – Sebanyak 185 anggota personil Kepolisian Resort (Polres) Konawe Selatan (Konsel) Sulawesi Tenggara (Sultra) diterjunkan untuk mengawal jalannya prosesi ritual Melasti (Pensucian Diri) yang merupakan rangkaian dari Hari Raya Nyepi oleh umat Hindu di Andoolo, Sabtu (25/3/2017).

Dari pantauan awak zona, ritual tersebut dimulai pada pukul 9.00 dengan titik kumpul di Lapangan upacara Pemerintah Daerah (Pemda) Konsel dan dilanjutkan iring-iringan kendaraan dengan pengawalan satuan polisi lalulintas, menuju pantai Torobulu tempat upacara Melasti tersebut.

Kapolres Konsel Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Yeyen Lesmana mengatakan, personil yang diturunkan merupakan gabungan anggota dari polsek maupun polres yang ada di sekitar wilayah hukum daerah Konsel.

“Upacara ini diperkirakan dihadiri sebanyak 300 jiwa, untuk mengamankan kegiatan ini kita
telah membagi seluruh anggota untuk mengamankan hingga acara ini selesai. Hal itu bertujuan untuk mengantisipasi gangguan keamanan yang tidak kita inginkan,” kata Yeyen saat ditemui di Andoolo, Sabtu (25/3/2017).

Ia menambahkan, masyarakat Bali yang melaksanakan upacara Melasti, terbagi di tiga lokasi yaitu Kecamatan Benua sampai kecamatan Laeya dipantai Torobulu. Kecamatan Laeya, Kecamatan Angata sampai kecamatan Landono dilaksanakan di pantai Nambo (wilayah hukum kendari) dan Kecamatan Moramo melaksanakan sendiri di air terjun Moramo.

“Para Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek) Kecamatan juga telah kita perintahkan untuk mengawal warganya hingga acara ini selesai,” lanjut Yeyen.

Sementara itu, di waktu yang sama Kasubag Humas polres konsel Ajun Komisaris Polisi (AKP) Yusuf Muluk Tawang mengatakan, sebelum acara dimulai para anggota kepolisian baik itu anggota dari satuan lalulintas, sabhara, dan anggota Bhabinkamtibmas telah lebih dulu mengamankan daerah sekitar lokasi jalanya ritual Melasti. (B)

 

Reporter : Erik Ari Prabowo
Editor : Kiki

DY ZonaSultra

View all contributions by DY ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0821 1188 2277

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com

ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free