Tampilan Desktop



USN Kolaka Rintis Prodi Baru Berbasis Kearifan Lokal
323 Dibaca

ZONASULTRA.COM, KOLAKA – Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka, sebagai salah satu perguruan tinggi negeri (PTN) baru yang ada di wilayah Kabupaten Kolaka Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), membuka Program Studi (prodi) baru untuk berbagai disiplin ilmu.

Selain untuk melengkapi porsi yang sudah dirintis sejak awal, pembukaan beberapa prodi itu untuk menjawab tantangan kualitas perguruan tinggi, seperti pengembangan mutu (kualitas), juga melakukan berbagai langkah konkrit yang diharapkan mendorong percepatan kampus merah maron itu mencapai visinya pada tahun 2039 menjadi perguruan tinggi (PT) yang masuk dalam nominasi PT terbaik di kawasan Asean.

USN Kolaka Rintis Prodi Baru Berbasis Kearifan Lokal

WR 1 USN Kolaka, Prof Ruslin Hadanu

Wakil Rektor Bidang Akademik USN Kolaka, Prof. Ruslin Hadanu mengatakan, seiring dengan tantangan masa datang yang begitu kompleks, terutama kebutuhan akan dunia kerja maka mau tak mau, perguran tinggi sebagai salah satu lembaga yang ikut berperan dan berkontribusi bagi penciptaan dan pemenuhan lapangan kerja, harus mampu memberikan solusi secara kongkrit.

“Mendasar pada kepentingan itu, USN Kolaka pun senantiasa merespon dan berupaya memaksimalkan potensi dan daya dukung yang ada, diantaranya dengan melakukan penambahan prodi baru. Beberapa prodi baru USN Kolaka di tahun 2017 ini segera terwujud, dan saat ini kita sedang menunggu keluarnya izin operasional dari Kemenristekdikti, “ujarnya melalui Kasubbag Kerjasama dan Humas USN Kolaka, Takwa Rachman, Jum’at (27/1/2017).

Melengkapi prodi yang sudah ada itu maka pada tahun 2017 ini, USN Kolaka telah mengusulkan beberapa prodi baru yang tergabung dalam sains dasar, yakni prodi Matematika, Fisika, Kimia, dan Biologi. Kemudian untuk prodi Farmasi, Teknologi Hasil Pertanian (THP), dan direncanakan pendirian Prodi Metalurgi yang merupakan pengembangan dari Teknik Pertambangan.

Sedangkan prodi Manajemen, Akuntansi, Pendidikan Biologi, dan PPKN telah mendapat persetujuan dari Kemenristekdikti, dan saat ini menunggu keluarnya izin operasional.

“Khusus Prodi Manajemen dan Akuntansi, sekarang masih bernaung pada Fakutas ISIP, sebelum terbentuknya Fakultas Ekonomi. Begitu juga dengan Prodi Pendidikan Biologi dan PPKN berada di FKIP. Bahkan, kedepannya di FKIP bisa terbuka 15-20 prodi mengikuti kebutuhan dunia kerja di bidang pendidikan, seperti Prodi IPA Terpadu untuk kebutuhan Guru IPA SMP, sementara Pendidikan Fisika, PendidikanBiologi, Pendidikan Kimia untuk melayani kebutuhan guru atau tenaga pendidik di SMA,“ ujarnya.

Dia menilai, pengusulan beberapa prodi baru tersebut, cukup beralasan, diantaranya adalah sinkronisasi hubungan dengan upaya pengelolaan sumber daya alam (SDA) yang handal, harus ada tenaga untuk mengelola ekonomi dan SDA kedepan.

Demikian pula pada rencana pendirian beberapa prodi bidang vokasi yang akan mendukung rencana bergabungnya Akademi Komunitas Kolaka yaitu Program Studi Budi Daya Perikanan. Sehingga program-program sarjana Ilmu-ilmu terapan yang berhubungan dengan pengelolaan SDA Kabupaten Kolaka, dan Sultra pada umumnya harus dibuka mengingat bahwa sumber-sumber pendapatan asli daerah (PAD) Kolaka maupun Sultra, juga disuplai oleh sektor pertambangan, pertanian, dan perikanan.

“Hal inilah yang harus diperhatikan oleh kampus atau universitas yang ada di daerah,“ tandas Prof. Hadanu.

Saat ini USN Kolaka memiliki 6 fakultas dengan 13 Prodi, diantaranya Fakultas Pertanian dengan Prodi Agribisnis, Agroteknologi, Perikanan, dan Peternakan.

Kemudian Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan dengan Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Matematika, dan Pendidikan Geografi.

Selain itu, pada Fakultas Sainteks dengan Prodi Teknik Sipil dan Pertambangan, Fakultas Hukum dengan Prodi Ilmu-Ilmu Hukum serta Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik dengan Prodi Administtrasi Negara. (B)

 

Reporter : Abdul Saban
Editor : Kiki

Tagged with:
HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Similar articles

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0822 9264 2997

0853 4040 4947

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com