Tampilan Desktop


Wabah DBD Meningkat di Rumbia, Dinkes Bombana Lakukan Fogging
63 Dibaca

ZONASULTRA.COM, RUMBIA – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bombana, Sulawesi Tenggara (Sultra) melakukan fogging di wilayah ibu kota setempat, Rabu (23/3/2016). Fogging dilakukan karena kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) di wilayah itu terus meningkat sejak Januari lalu.

DBD Mewabah, Penjual Obat Mengatasnamakan Petugas Kesehatan Menjamur

Ilustrasi

Kepala Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana (Dinkes dan KB) Bombana, Sunandar mengatakan, fogging ini dilakukan untuk mencegah penyakit DBD agar tidak semakin meluas.

Dia menambahkan, pihaknya melakukan fogging di wilayah Rumbia terlebih dahulu karena jumlah penderitanya yang sangat besar.

“Januari hingga Maret, jumlah penderita DBD di Bombana sebanyak 233 kasus, namun yang positif hasil laboratorium hanya 37 kasus dan sekitar 60 persen penderita berasal dari wilayah ibukota,” ungkapnya.

Mantan Direktur Rumah Sakit Umum Daerah Bombana ini berharap kesadaran dari masyarakat untuk tetap menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).

“Tetap menerapkan PHBS dalam kehidupan sehari- hari karena hal ini sangatlah penting sekali untuk mencegah penyakit. Terutama menerapkan 3M,” ujarnya.

3M merupakan cara pencegahan DBD yaitu menguras penampungan air (bak) yang dapat menjadi sarang jentik nyamuk, menutup tempat penampungan air agar nyamuk tidak bertelur dan mengubur barang bekas yang bisa menjadi sarang nyamuk.

 

Penulis : Andi Hasman
Editor   : Jumriati

Tagged with:
JN ZonaSultra

View all contributions by JN ZonaSultra

Similar articles

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277

redaksizonasultra@gmail.com

Marketing:

marketingzonasultra@gmail.com