Tampilan Desktop



Wabup Kolaka Berikan Piagam Adiwiyata ke SD1 Antam Pomalaa
99 Dibaca

 Wabup Kolaka Berikan Piagam Adiwiyata ke SD1 Antam Pomalaa

Wabup Kolaka, Muhammad Jayadin didampingi GM PT Antam UBPN Sultra, Tri Hartono menyerahkan piagam sekolah Adiwiyata kepada Kepala SDS 1 Antam Pomalaa, Wana di halaman SDS 1 Antam Pomalaa, Sabtu (14/1/2017). (Abdul Saban/ZONASULTRA.COM)

 

ZONASULTRA.COM, KOLAKA – Sekolah Dasar Swasta (SDS) 1 Antam Pomalaa menerima piagam penghargaan sebagai Sekolah Adiwiyata tingkat kabupaten dari Pemda Kolaka, Sulawesi Tenggara (Sultra).

Penghargaan itu diserahkan langsung oleh Wakil Bupati Kolaka, Muhammad Jayadin kepada Kepala SDS 1 Antam Pomalaa, Wana di Pomalaa, Sabtu (14/1/2017) pagi.

Menurut Wana, penghargaan ini merupakan hasil dari proses yang telah dilakukan pihaknya bersama PT Antam Unit Bisnis Pertambangan Nikel (UBPN) Sultra, sejak awal bulan Februari tahun 2016 lalu.

Diawali dengan kunjungan mereka di SD Kemala Bhayangkara di Kalimantan sebagai sekolah peraih Adiwiyata nasional tahun 2015. Kemudian dilanjutkan dengan mengikuti Bimbingan Teknis (Bintek) program Adiwiyata dengan mendatangkan mentor dari Kementrian Lingkungan Hidup (KLH).

Wana juga mengatakan, pihaknya bisa meraih predikat sekolah Adiwiyata ini tak lepas dari peranan Antam yang melakukan pendampingan sekolahnya serta memberikan bantuan pendanaan yang sangat besar melalui program Community Social Responsibility (CSR) Antam.

Ketua tim penilai Sekolah Adiwiyata tingkat Kabupaten Kolaka, Akbar mengatakan, penilaian itu dimulai sejak bulan November tahun 2016 lalu.

Dari tiga sekolah dasar di Kolaka yang mengikuti program ini, hanya SDS 1 Antam yang berhasil meraih nilai tertinggi dengan angka 65. Sedangkan dua sekolah lainnya yakni SDN 2 Lamokato meraih nilai 63 dan SDN 3 Lamokato 60.

Wakil Bupati Kolaka, Muhammad Jayadin mengatakan, di Kabupaten Kolaka baru kali ini ada sekolah yang mendapatkan sekolah Adiwiyata. Jika dibandingkan dengan sekolah yang belum mendapatkan predikat Adiwiyata, SDS 1 Antam sebenarnya masih harus membangun beberapa infrastruktur.

“Walaupun pemberian predikat Adiwiyata ini bukan diperlombakan, tapi melalui serangkain proses penilaian. Maka sekolah ini kita berikan predikat Adiwiyata,” kata Jayadin.

Walau begitu, Jayadin berharap agar predikat itu lebih ditingkatkan lagi untuk mencapai predikat sekolah Adiwiyata nasional. Sebab, dengan dukungan PT Antam di Pomalaa, ekspektasi itu tidak berlebihan.

Selain itu, Jayadin berjanji, Pemda Kolaka juga akan memberikan dukungan sebaik-baiknya terhadap pencapaian predikat sekolah Adiwiyata tingkat nasional. Sebab, predikat itu juga membawa nama baik Kabupaten Kolaka.

General Manager PT Antam UBPN Sultra, Tri Hartono mengatakan, program sekolah Adiwiyata merupakan salah satu program KLH yang bertujuan untuk

Antam sendiri memiliki program yang sejalan dengan itu, yakni pertambangan yang berkelanjutan. Dalam proses pertambangan, Antam selalu memperhatikan pelestarian lingkungan.

Selain itu, kata Tri Hartono, dalam internal Antam sendiri sudah menerapkan manajemen lingkungan dengan menganut kaidah-kaidah perlakukan lingkungan yang baik seperti reklamasi lahan pasca tambang.

Program sekolah Adiwiyata ini merupakan program unggulan CSR Antam yang bertujuan menciptakan lingkungan yang baik dan lestari sehingga siswa dapat menyerap ilmu di sekolah dengan baik.

Acara pemberian penghargaan sekolah Adiwiyata itu juga dirangkaikan dengan kegiatan penanaman pohon di SDS 1 Antam Pomalaa yang diikuti oleh Muhammad Jayadin beserta jajaran management PT Antam UBPN Sultra. (B)

 

Reporter : Abdul Saban
Editor   : Tahir Ose

Tagged with:
HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Similar articles

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0821 1188 2277

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com

ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free