Tampilan Desktop



Wakasal Resmi Buka Kasal Cup 2017
63 Dibaca

Wakasal Resmi Buka Kasal Cup 2017 KASAL CUP – Sebanyak lima cabang olahraga air diperlombakan dalam kejuaraan Kasal Cup yang dilaksanakan oleh TNI Angkatan Laut (AL) Kendari. Kelima cabang olah raga yang dilaksanakan di perairan Teluk Kendari itu, yakni perahu layar, dayung, selam, ski air, serta mancing mania. (Randi Ardiansyah/ZONASULTRA.COM)

 

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Sebanyak lima cabang olahraga air diperlombakan dalam kejuaraan Kasal Cup yang dilaksanakan oleh TNI Angkatan Laut (AL) Kendari. Kelima cabang olah raga yang dilaksanakan di perairan Teluk Kendari itu, yakni perahu layar, dayung, selam, ski air, serta mancing mania.

Ditemui usai membuka Kasal Cup 2017 di kawasan Kendari Beach, Kamis (7/9/2017), Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Madya TNI A. Taufiq R didampingi Plt Gubernur Sultra Saleh Lasata, mengungkapkan jika kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian Hari Ulang Tahun (HUT) TNI AL ke-72.

Sehingga, tambahnya, Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) selaku pembina olahraga air di Indonesia dengan mengedepankan fungsi TNI AL untuk melakukan pembinaan potensi maritim.

“Dan juga dengan kebijakan pemerintah, dalam poros maritim yang pilar pertamanya adalah menghidupkan kembali budaya maritim,” jelasnya.

Dengan kegiatan seperti ini, lanjutnya, pihaknya berharap masyarakat, atlet, pemerintah serta seluruh elemen masyarakat dapat menyadari budaya maritim sebagai bagian dari masyarakat, khususnya di kepulauan di Sultra.

Hal itu pun yang membuat pihaknya memilih Kota Kendari sebagai lokasi Kasal Cup 2017. Sebab Kendari merupakan salah satu daerah kepulauan serta memiliki teluk yang sangat ideal untuk melakukan kegiatan lomba perairan. Di mana kedalaman teluk Kendari juga dinilai cukup ideal untuk olahraga selam.

“Dan mulut teluk ini cukup kecil sehingga arus dan angin sangat ideal untuk melaksanakan lomba perairan ini. Tapi intinya meningkatkan kembali budaya maritim kita untuk mendukung program pemerintah yang mencanangkan poros maritim nasional,” ujarnya.

Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan meningkatkan kemampuan atlet-atlet junior agar dapat berkancah di tingkat nasional maupun internasional dengan kemampuan yang semakin terasa. Selain itu juga guna merangsang potensi wisata di Sultra dan untuk meningkatkan ketahanan nasional dan keamanan negara.

Sementara itu, Plt Gubernur Sultra Saleh Lasata mengatakan, dengan adanya kegiatan ini pemerintah dapat mengambil kesempatan untuk lebih memajukan sektor olahraga air serta parawisata.

“Seperti yang dikatakan Wakasal tadi, bahwa salah satu destinasi dari Wonderful Indonesia itu adalah Wakatobi. Nah teluk Kendari juga punya potensi seperti Pulau Bokori dan sebagainya,” tuturnya.

Untuk diketahui, kelima cabang olahraga tersebut seperti perahu Layar diikuti oleh 139 atlet, dayung 320 atlet, selam 200 atlet, ski air 43 atlet dan mancing mania 180 atlet.

Sedianya Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Ade Supandi dijadwalkan akan hadir pada acara puncak Kasal CUP 2017, sekaligus menutup kegiatan tersebut pada, Sabtu (9/9/2017) mendatang. (B)

 

Reporter: Randi Ardiansyah
Editor: Jumriati

RS ZonaSultra

View all contributions by RS ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0822 9264 2997

0853 4040 4947

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com

ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free