Tampilan Desktop



Wakil Wali Kota Kendari Tinjau Lokasi Banjir, 125 Tim Gabungan TNI/Polri dan SAR Dikerahkan
342 Dibaca

Wakil Wali Kota Kendari Tinjau Lokasi Banjir, 125 Tim Gabungan TNI/Polri dan SAR Dikerahkan BANJIR – Wakil Wali Kota Kendari Mussadar Mapasomba saat menemui Kapolres Kendari AKBP Sigid Hariadi di lokasi banjir Kali Wanggu, Jumat (12/5/2017). (ILHAM SURAHMIN/ZONASULTRA.COM)

 

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Wakil Wali Kota Kendari Mussadar Mapasomba, Jumat (12/5/2017) sore, meninjau warga korban banjir di Kali Wanggu, Kelurahan Wawowanggu, Kecamatan Baruga.

Mussadar mengatakan kondisi banjir yang menggenangi hampir seluruh rumah warga merupakan sudah kerap kali terjadi dan disini merupakan lokasi yang medannya rendah dan menjadi daerah resapan air.

“Kami pemerintah sebenarnya sudah pernah mencoba untuk memindahkan mereka ketempat yang lebih aman, akan tetapi kita tidak bisa memaksakan kehendak sepihak,” ungkap Mussadar.

Baca Juga : Kali Wanggu Meluap, Puluhan Rumah Terendam Air Setinggi Lutut Orang Dewasa

Alasan lain yakni, warga sudah lama mendiami lokasi ini dan disini merupakan tempat mereka untuk mencari nafkah. Oleh karena itu pemerintah saat ini hanya dapat melakukan pelebaran dan pemasangan tanggul yang lebih tinggi agar air tidak terlalu banyak yang meluap keluar hingga ke pekarangan rumah warga.

Kendati demikian, kader PKS ini menegaskan jika banjir yang terjadi tidak parah.

Baca Juga : Waspada, Cuaca Buruk Akibatkan Banjir dan Gelombang Setinggi Dua Meter

“Kita lihat saja, ini tidak terlalu parah dan tidak perlu dibesar-besarkan seperti di daerah lain, intinya kami pemerintah dan seluruh aparat siap siaga untuk mengevakuasi warga yang menjadi korban banjir,” pungkasnya.

Kalaupun kondisinya nanti akan lebih parah maka pihaknya siap 24 jam untuk mengambil langkah lebih dulu.

Sementara itu data Polres Kendari, Kompol Robby Topan Manusiwa mengatakan pihaknya telah menurunkan pasukan gabungan TNI/Polri dan Basarnas sebanyak 125 orang yang akan membantu warga untuk dievakuasi serta melakukan pengawasan akan banjir susulan dan penjagaan keamanan selama banjir masih berlangsung.

Baca Juga : Tetap Waspada! BMKG Prediksi Hujan Lebat Disertai Guntur Akan Berlangsung Hingga Besok

Hingga saat ini pula, pihaknya belum menghitung besaran kerugian materi yang dialami oleh hampir 27 KK yang berada di RW 06 RT 12, 13, 14 Kelurahan Wawowanggu, Kecamatan Baruga itu.

“Sejak pukul 08.00 pagi kami berada disini bersama TNI, Brimob dan SAR membantu warga dan membangun posko,” pungkasnya.

Untuk diketahui dalam musibah ini tidak menelan korban jiwa dan pihaknya akan meninggalkan lokasi hingga dikategorikan aman dan warga dapat pulang kembali ke rumah. (B)

 

Reporter : Ilham Surahmin
Editor : Tahir Ose

Tagged with: ,
DY ZonaSultra

View all contributions by DY ZonaSultra

Similar articles

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0822 9264 2997

0853 4040 4947

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com

ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free