Tampilan Desktop


Wakil Walikota Asal Prancis Kaget Sinonggi dari Batang Pohon
37 Dibaca

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Wakil Walikota La Rochelle, Prancis, Michael Sabatier saat berkunjung ke Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) menyempatkan diri mencicipi Sinonggi.

Mengetahui makanan khas Kendari yang berasal dari batang pohon sagu itu, Michael mengaku kaget mendengarnya. Awalnyapun ia tidak percaya namun setelah dijelaskan oleh pihak Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari, akhirnya dipercayainya.

“Masa ada makanan dari batang pohon? orang tidak bisa makan makan batang pohon kecuali rayap. Tapi ternyata setelah dicicipi terbukti sinonggi makanan yang enak,” kata Michael dalam bahasa Prancis, usai mengkonsumsi Sinonggi di salah satu rumah makan Teluk Kendari, Jumat (7/8/2015).

Sinonggi lanjut Michael, sangat enak karena dimakan dengan ikan kuah dan apalagi ikannya masih segar. Kalau bumbu ikan kuahnya enak pasti sinongginya ikut enak, terlebih ada sambal dabu-dabu dan ikan bakar.

Michael mengatakan pohon sagu yang menjadi asal muasal sinonggi tidak ada di Prancis dan sebelumnya belum pernah dilihatnya makanan seperti lem itu di Negara lain. Dia juga kagum jika sebuah batang pohon di Kendari  bisa menjadi makanan pokok.

“Saya mencari cara untuk membawa sagu ini sebagai oleh-oleh. Saya dengar ada makanan olahan dari sagu bernama bagea. Sepertinya itu bagus untuk oleh-oleh,” ujarnya.

 

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277

redaksizonasultra@gmail.com

Marketing:

marketingzonasultra@gmail.com