Tampilan Desktop

Warga Desa Abola di Konut Minta Pilkades Ulang
26 Dibaca

Image
Puluhan warga desa Abola, Kecamatan Lasolo, saat berdemonstrasi di kantor DPRD Konawe Utara (Konut), Rabu (13/5/2015). Warga menuntut dilakukannya Pilkades ulang karena ditengarai terjadi kecurangan. Foto Alis MunaZONA SULTRA.COM, WANGGUDU – Puluhan warga desa Abola, Kecamatan Lasolo, Kabupaten Konawe (Konut) berdemonstrasi di kantor DPRD setempat, Rabu (13/5/2015). Warga yang mengatasnamakan dirinya Aliansi Masyarakat Abola (AMA) mendesak DPRD untuk merekomendasikan pemilihan ulang kepala desa (Pilkades) yang ditengarai terjadi kecurangan.
Abdul Safar, perwakilan warga Desa Abola menyampaikan bahwa pihak Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa(BPMD) hanya diam dan tidak melakukan apa-apa, hal ini ada indikasi konspirasi antara BPMD dan panitia 9 sebagai penyelenggara Pilkades.  
“Karena itu kami meminta pihak DPRD untuk segera mempresur pihak BPMD untuk melaksanakan Pilkades ulang di desa Abola. Pilkades yang digelar beberapa waktu lalu itu cacat hukum karena adanya kecurangan,” kata Safar. 
Menurut Safar, meskipun DPRD telah merekomendasikan Pilkades ulang berdasarkan berita acara no.170/55/DPRD/2015 beberapa waktu lalu yang ditandatangani komisi A, namun sampai saat ini belum disampaikan kepihak BPMD. 
Wakil ketua DPRD Konut Sudiro yang menerima para pendemo mengatakan sesuai hasil pertemuan kedua bela pihak yang bersengketa serta dihadiri pihak Badan Pemerintaha Masyarakat Desa (BPMD) Konut, disepakati dilakukan Pilkades ulang. Namun hingga kini belum juga terlaksana.
“Jadi kami sudah merekomendasikan Pilkades ulang, namun sampai hari ini rekomendasi tersebut belum ditindaklanjuti. Secara teknis DPRD Konut bukan eksekutorial tetapi BPMD sebagai eksekutornya,” kata Sudiro.(Alis Muna)
HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PROMOSI & IKLAN

0821 1188 2277
redaksizonasultra@gmail.com
Marketing:
marketingzonasultra@gmail.com

© Copyright 2016 - PT. Citra Media Abadi