Tampilan Desktop



Warga Keluhkan Puskemas Pakue Tak Punya Dokter
197 Dibaca

Warga Keluhkan Puskemas Pakue Tak Punya Dokter PUSKESMAS – Sejumlah warga di Kecamatan Pakue, Kabupaten Kolaka Utara (kolut) Sulawesi Tenggara (Sultra) mengeluhkan tidak adanya dokter umum di Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) setempat. (Rusman/ZONASULTRA.COM)

 

ZONASULTRA.COM, LASUSUA – Sejumlah warga di Kecamatan Pakue, Kabupaten Kolaka Utara (kolut) Sulawesi Tenggara (Sultra) mengeluhkan tidak adanya dokter umum di Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) setempat.

Akibatnya, hampir semua kebutuhan layanan adiministrasi di Puskesmas itu tidak berjalan denan baik.

Salah satu warga Desa Mikuasi, kecamatan Pakue, Rosdiana mengaku dirinya merasa kesulitan saat hendak ingin mengurus Surat Keterangan Berbadan Sehat (SKSB) di Puskesmas Pakue.

“Saya sudah datang di puskesmas untuk buat surat keterangan berbadan sehat tapi tidak ada dokter,”kata Rosdiana, Rabu (11/10/2017)

Lebih Lanjut dia katakan, saat itu pihak perawat di Puskesmas Pakue mengarahkan dirinya untuk mengurus surat keterangan tersebut di Puskesmas kecamatan Ngapa yang jaraknya lebih jauh.

“Kasihan juga kita hanya mengurus surat keterangn sehat, tapi tempatnya lebih jauh lagi. Karena hanya di situ yang punya ada dokter,” ujarnya.

Sementara itu,Kepala Puskesmas kecamatan Pakue Nurhana membenarkan kalau saat ini pihaknya memang belum memiliki dokter umum. Dan itu sudah berlangsung selama satu bulan, karena masa kontraknya sebagai dokter pegawai tidak tetap (PTT) daerah sudah berakhir.

“Dokter disini sudah selesai kontraknya selama dua tahun jadi sekarang dia lagi mengurus Izin perpanjangan,kalau ada yang minta SKBS saya arahkan kepuskesmas kecamatan ngapa karena disana Dokternya sudah berstatus ASN” terangnya.

Nurhana menambahkan, meski mengalami kekosongan dokter umum, namun pelayanan kesehatan lainnya tetap bejalan baik. Karena Puskesma itu mimiliki tipe rawat inap. Kecuali, jika ada pasien yang tidak bisa tertangani di Puskesmas itu, pihaknya baru akan memberi rujuk ke Rumah Sakit.

Terkait tidak adanya tenaga dokter di Puskemas itu, pihaknya sudah mengusulkan penambahan dokter ke Dinas Kesehatan Kolaka Utara. Namun sampai saat ini, belum ada kejelasan kapan ada dokter yang bisa di tempatkan di Pakue.

“Harapan kami segera ada dokter yang ditugaskan ke Puskesmas kami, agar pelayanan lebih maksimal,” katanya. (B)

 

Reporter: Rusman
Editor: Abdul Saban

Tagged with:
RS ZonaSultra

View all contributions by RS ZonaSultra

Similar articles

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0822 9264 2997

0853 4040 4947

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com