iklan zonasultra

Warga Konsel Kena Tipu Berkedok Kapolsek, Uang Rp25 Juta Nyaris Raib

Ilustrasi Penipuan telepon
Ilustrasi

ZONASULTRA.COM, ANDOOLO – Pelu, salah seorang warga Kelurahan Amondo, Kecamatan Palangga Selatan, Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), Sulawesi Tenggara (Sultra) menjadi korban penipuan oknum yang mengaku kapolsek di wilayah itu. Korban sempat mentransfer uang senilai Rp25 juta ke rekening pelaku.

Kasat Reskrim Polres Konsel Inspektur Polisi Satu (Iptu) Fitrayadi membenarkan peristiwa ini. Fitrayadi mengatakan penelpon tersebut meminta dana untuk perbaikan kendaraan patroli Polres Konawe Selatan sebesar Rp25 juta.

“Korban tidak curiga, dia langsung langsung transfer ke rekening tujuan sesuai yang diarahkan oleh penelpon tersebut. Berselang beberapa menit setelah korban mengirim dia sadar lalu langsung melapor ke pihak polisi,” terang Fitrayadi, Rabu (9/1/2019)

“Dari bukti transfer tersebut ditemukan identitas dan alamat bank tujuan di Jakarta Timur,” sambungnya.

Mantan Kasatreskrim Polres Muna ini menambahkan, pihaknya langsung berkoordinasi dengan bank BRI Unit Punggaluku untuk dilakukan pemblokiran penarikan terhadap rekening sang penipu tersebut. Dari hasil koordinasi, dana masih ada dan dapat dilakukan pengembalian ke pihak korban.

Saat ini polisi masih terus melakukan penyelidikan atas kasus penipuan ini untuk mencari pelaku dan membongkar jaringannya.

Fitrayadi mengimbau kepada masyarakat agar tidak mudah percaya apabila ada yang meminta sesuatu melalui telepon yang mengatasnamakan atau mengaku pejabat, khususnya pejabat kepolisian.

“Silakan konfirmasi langsung ke yang bersangkutan atau konfirmasi kepada polisi yang ada di sekitarnya,” kata Fitrayadi. (b)

 


Kontributor: Erik Ari Prabowo
Editor: Jumriati

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib