Warga Langgikima Keluhkan Pemkab Konut Tak Pernah Turunkan Bantuan Pupuk

0
Petani Sawah di Konawe Keluhkan Pembatasan Pengambilan Pupuk
Ilustrasi

ZONASULTRA.COM, WANGGUDU – Warga Kecamatan Langgikima Kabupaten Konawe Utara, Sulawesi Tenggara mengeluhkan sikap dinas pertanian setempat yang sampai saat ini belum pernah memberikan bantuan pupuk. Padahal pupuk tersebut sangat dibutuhkan warga yang bermata pencaharian sebagai petani merica.

Petani Sawah di Konawe Keluhkan Pembatasan Pengambilan Pupuk
Ilustrasi

Burhanuddin, petani merica asal Desa Morombo Pantai Kecamatan Langgikima ini mengatakan, memasuki usia dua tahun kepemimpinan Ruksamin-Raup di Bumi Oheo ini, pendistribusian pupuk yang selalu ditunggu-tunggu oleh para petani tak kunjung ada.

“Selama ini belum ada bantuan pertanian yang diturunkan. Kami disini warga tidak banyak neko-neko. Kasih turun saja bantuan pertaniannya berupa pupuk maupun pengendali hama, biar tanaman kami menghasilkan buah yang baik,” kata Burhanuddin belum lama ini.

“Kami harap pemda turunkan bantuan berupa pupuk. Ini berkaitan dengan tanaman merica kami. Apalagi musim panas. Pupuk sangat kami butuhkan,” tambahnya yang diamini oleh petani merica lainnya, Sam.

Burhanuddin yang juga Ketua LPM Desa Morombo Pantai ini menambahkan, dari 80 kepala keluarga (KK) di desa itu, sekitar 20 lebih KK menggantungkan hidupnya sebagai petani merica.

Menurutnya, kondisi tanaman merica saat ini kekurangan pupuk. Pertumbuhannya mulai mengalami perubahan. Salah satunya warna daun yang mulai menguning.

“Lihat sendiri saja pertumbuhannya. Ada yang bagus dan ada yang kurang bagus. Pupuknya tidak ada. Saya sendiri ada 350 pohon,” keluhnya.

Sementara Kepala Dinas Pertanian Konut, Nasution yang disambangi Jumat (6/10/2017) kemarin tidak berada di kantornya. Nomor teleponnya saat dihubungi dalam keadaan tidak aktif. (B)

 

Reporter: Murtaidin
Editor: Jumriati

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here