Tampilan Desktop


Warga Minta Pelantikan Bupati/Wakil Bupati Wakatobi Terpilih Dilaksanakan di Wangi-Wangi
144 Dibaca

ZONASULTRA.COM, WANGI-WANGI – Masyarakat Kabupaten Wakatobi Provinsi Sulawesi Tenggara meminta agar pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Wakatobi terpilih periode 2016-2021 hasil pesta demokrasi Pemilu Kada Desember 2015 lalu dilaksanakan di Wangi-Wangi ibu kota Kabupaten Wakatobi.

Warga Minta Pelantikan Bupati/Wakil Bupati Wakatobi Terpilih Dilaksanakan di Wangi-Wangi

Ilustrasi

Selain karena pelantikan di anggap sebagai moment sakral karena bupati dan wakil bupati merupakan pilihan langsung masyarakat, pelantikan di ibukota Wakatobi itu juga dinilai bisa menciptakan keakraban dimasyarakat Wakatobi sendiri paska Pemilu Kada yang hingga saat ini terkesan masih terkotak-kotak.

“Masyarakat Wakatobi inginkan pelantikkan Bupati dan Wakil Bupati Wakatobi dilaksanakan di Wangi-Wangi. Selain efisiensi anggaran, moment pelantikan itu juga menjadi ajang silaturrahmi sehingga keakraban dimasyarakat terbangun kembali ,” terang Arman Alini, warga Kelurahan Pongo Wangi-Wangi, Rabu (1/6/2016).

Hasan warga Wakatobi diungkapkan warga Wakatobi lainnya juga mengungkapkan hal yang sama, bila pelantikkan Bupati dan Wakil Bupati Wakatobi dilaksanakan diluar Wakatobi, pertimbanganya tidaj efisien bagi  masyarakat. Pasalnya, jika harus dilaksanakan diluar Wakatobi masyarakat yang ingin menghadiri pelantikan harus mengeluarkan anggaran yang cukup besar untuk bisa menyaksikan moment sakral lima tahunan itu.

“Jika pelantikkannya diluar Wakatobi dan bagi masyarakat yang ingin menyaksikan maka harus mengeluarkan biaya yang cukup banyak. Saya pikir dulu saat pelantikkan Bupati dan Wakil Bupati Wakatobi definitif pertama dilakukan juga di Wangi-Wangi,” ujar Hasan warga Mandati Dua Wangi-Wangi, Rabu (1/6/2016).

Namun demikian, ada juga masyarakat yang mengatakan meskipun masyarakat inginkan pelantikkan di Wakatobi tetapi kembali diserahkan ke mekanisme sesuai perundang-undangan yang berlaku.

“Meskipun kita ingin pelantikkan itu di Wakatobi, namun dalam undang-undang sangat jelas jika pelantikkan Bupati dan Wakil Bupati dilaksanakan di ibu kota provinsi,” ucap Ahmad Zain, warga pulau Kaledupa, Rabu (1/6/2016).

Perlu diketahui bahwa masa jabatan Bupati dan Wakil Bupati Wakatobi yang saat ini dijabat Hugua dan  Arhawi Ruda, akan berakhir 28 Juni 2016. Jika pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Wakatobi terpilih
dilaksanakan tepat waktu maka tersisa 27 hari lagi. (C)

 

Penulis: Duriani
Editor: Tahir Ose

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277

redaksizonasultra@gmail.com

Marketing:

marketingzonasultra@gmail.com