Tampilan Desktop


Warga Miskin Konut Terima Bantuan Dana PKH
211 Dibaca

Warga Miskin Konut Terima Bantuan Dana PKH

BANTUAN PKH – Nampak warga sedang antri menunggu pembagian dana tunai Program Keluarga Harapan(PKH) dari Kementrian Sosial di Kantor Pos Kecamatan Lasolo, Jumat (22/1/2016). Bantuan ini bervariasi dari Rp 500 ribu hingga Rp 1 juta. (Jefri/ZONASULTRA.COM)

 

ZONASULTRA.COM, WANGGUDU – Masyarakat miskin di Kabupaten Konawe Utara(Konut), Sulawesi Tenggara, Jumat (22/1/2016) hari ini menerima bantuan dana dari Kementerian Sosial RI melalui program keluarga harapan (PKH) di kantor pos setempat.

Pendamping PKH Kecamatan Lasolo, Akil mengatakan, dana tersebut diperuntukan bagi masyarakat kurang mampu yang sudah didata oleh masing-masing pendamping PKH tiap-tiap kecamatan. Dana ini juga untuk membiayai pendidikan anak sekolah yang berasal dari keluarga miskin.

“Tidak semua warga yang mendapatkan dana (PKH) tersebut. Hanya yang kategori kurang mampu saja yang mendapatkan bantuan ini. Dan ini betul-betul kami data karena tim dari pusat nanti akan turun mengecek apakah penyalurannya sudah tepat sasaran atau tidak,” ungkap Akil.

Kepala Kantor Pos Konut, Petrus mengatakan, bantuan tersebut disalurkan melalui rekening masing-masing warga yang sudah didata sebelumnya dengan nominal yang bervariasi, mulai Rp 500 ribu hingga Rp 1 juta.

Jumlah dana yang diberikan pun berbeda untuk setiap kategori. Untuk ibu hamil dan balita serta murid SD mendapat Rp 500 ribu, pelajar SMP Rp 750 ribu dan siswa SMA Rp 1 juta.

“Pencairannya ini sesuai yang ditentukan oleh pusat melalui dinas sosial kabupaten dan disalurkan ke masing-masing rekening warga yang sudah didata oleh pendamping kecamatan. Kami dari pihak Kantor Pos tinggal mencairkan saja,” kata Petrus.

Penerimaan dana tersebut, lanjut dia, tidak diserahkan secara langsung, melainkan diberikan secara bertahap setiap tri wulan sekali selama setahun.

“Dananya tidak diambil sekaligus, tapi diangsur selama 4 kali. Contohnya, kalau ibu yang mempunyai anak di SMA itukan dia terima Rp 1 juta, jadi yang dia terima setiap triwulannya itu Rp 250 ribu,” terang Petrus.

Sementara itu, Nela Regan, salah seorang warga Konut yang menerima bantuan ini mengaku sangat senang. Ia berharap bantuan tersebut akan terus diberikan oleh pemerintah pusat karena selama ini dirinya belum pernah mendapatkan bantuan masyarakat miskin dari Pemerintah Konut.

“Saya tadi baru-baru habis terima Rp 375 ribu. Itu sudah dihitung saya dengan anak balitaku. Mudah-mudahan ini berjalan seterusnya jangan hanya satu tahun saja,” kata warga Kecamatan Molawe ini.

Berdasarkan data yang dihimpun Zonasultra.com, masyarakat Konut yang menerima bantuan ini tersebar di 10 kecamatan yaitu Kecamatan Lembo sebanyak 114 orang, Kecamatan Molawe 119 orang, Kecamatan Lasolo 56 orang, Kecamatan Sawa 46 orang, Kecamatan Wiwirano 192 orang dan Kecamatan Oheo 118 orang. Sedangkan Kecamatan Langkikima dan Kecamatan Motui daftar nama warga penerima hingga hari ini belum masuk sehingga kemungkinan besar dana tersebut baru bisa diberikan Juni 2016 mendatang.

 

Penulis: Jefri
Editor: Jumriati

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

1 Comment

  1. Argentinus Ino 30 Januari 2016 at 5:02 pm

    Kapan pembagian bantuan dana PKH untuk Provinsi NTT? Salam

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277

redaksizonasultra@gmail.com

Marketing:

marketingzonasultra@gmail.com