Tampilan Desktop



Wartawan Bodrex Marak, AJI Kendari Bekali Kades di Konawe
56 Dibaca

Ketua AJI Kota Kendari Zainal Abidin Ishaq menjelaskan, wartawan yang sebenarnya adalah yang membErikan informasi publik dengan berimbang serta dalam melaksanakan tugas peliputannya, wartawan dibekal

Ketua AJI Kota Kendari Zainal Abidin Ishaq menjelaskan, wartawan yang sebenarnya adalah yang membErikan informasi publik dengan berimbang serta dalam melaksanakan tugas peliputannya, wartawan dibekali dengan kartu tanda pengenal (Id Card) atau surat tugas dari media masing-masing.
Selain itu, kata Zainal, seorang wartawan tidak pernah memponis narasumbernya bersalah, disisi lain seorang jurnalis media cetak ataupun elektronik selalu berpegang pada kode etik jurnali serta tidak pernah mengancam narasumber.
“Jadi untuk menghadapi wartawan bodrex ini, kita harus tenang dan jangan panik, kalau mereka berkunjung sambut saja dengan santai, kemudian tanyakan dia dari media mana? meminta identitas wartawannya atau surat tugasnya, kalau orang tersebut tidak memperlihatkan salah satunya, maka kita wajib untuk menolak diwawancara, dan kalau perlu usir saja mereka kaluar,” kata Zainal.
Menurut Zainal, saat ini wartawan abal-abal sering sekali dijumpai dan bergai cara ditempuh demi memuluskan aksi oknum-oknum tersebut. Bahkan mereka sering sekali mengancam orang-orang yang menjadi tergetnya. Anehnya, wartawan abal-abal ini dalam melaksanakan aksinya selalu dilengkapi dengan tanda pengenal, tetapi ketika ditelusuri media yang mempekerjakan mereka tidak pernah ada atau tidak jelas bagaiman bentuk media tersebut.
“Jadi saya minta, kalau ada wartawan yang datang mengancam dengan tujuan untuk meminta sejumlah uang, silahkan laporkan ke kepolisian setempat, dan kalau kalian tidak berani, silahkan lapor ke sekertariat AJI Kendari, nanti kami yang akan fasilitasi untuk meneruskan laporan tersebut. Yang penting kalian tahu nama oknumya siapa? Dan medianya apa?” kata Inal, begitua ia disapa.
Kegiatan yang diikuti seluruh Kepala Desa (Kades) dan Lurah se-Kecamatan Wawotobi serta seluruh staf Kecamatan Wawotobi ini, dimaksudkan untuk memberikan pemahaman tentang peran jurnalis yang benar untuk kemajuan pembangunan di daerah.
Kegiatan tersebut menghadirkan dua pemateri dari AJI Kendari yakni Ketua AJI Zainal A Ishaq dan Sekertaris AJI, Suwarjono. (Restu)
HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0822 9264 2997

0853 4040 4947

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com

ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free