Tampilan Desktop


Waspada, Asap Dapur Juga Picu Kanker Paru dan Nasofaring
11 Dibaca

ZONASULTRA.COM – Di balik keharuman asap dapur yang mengepul dari masakan kesukaan Anda, ternyata ada fakta mengejutkan bahwa asap dapur bisa memicu beberapa penyakit. Yang paling parah bisa sampai menyebabkan pneumonia, kanker, paru dan kanker nasofaring. 

Dokter Lula Kamal menyatakan, asap memiliki kandungan yang berbahaya. Dalam asap terdapat karbon monoksida, SO2, dan NO2 yang bisa berbahaya terhadap kesehatan pernapasan. 
“Semuanya merusak pernapasan. Yang kena langsung sistem pernapasan,” kata Lula dalam acara peluncuran Fortile di Hotel Kempinski, Jakarta, seperti dikutip dari CNN Indonesia, Sabtu (9/5/2015). 
Selain itu, asap juga mengandung oksidan, lawan dari antioksidan yang juga berbahaya bagi kesehatan. “Asap isinya oksidan yang merusak sel. Ini menyebabkan mutasi pada sel,” ujar Lula menerangkan. 
Lula melanjutkan, inilah yang menyebabkan asap dapur juga berbahaya seperti asap rokok. “Berbahayanya sama dengan asap rokok karena bisa memicu kanker,” kata Lula.
Kanker nasofaring merupakan kanker yang paling rentan terjadi ketika jumlah asap yang dihirup seseorang sudah melewati batas wajar. 
Nasofaring merupakan salah satu bagian dari faring atau tekak, yaitu saluran yang terletak antara rongga hidung serta rongga mulut dan kerongkongan. “Nasofaring letaknya di belakang hidung. Asap paling kena ke sana,” ujar Lola. 
Meski Lula mengatakan penyebab kanker multifaktorial, seperti faktor genetik dan faktor risiko, tapi asap dapur bisa menjadi salah satu faktor risiko pencetus kanker. 
“Asap memang tidak semestinya diisap,” ujar Lula. Untuk itu, ia menganjurkan agar setiap dapur dilengkapi dengan hood atau penghisap asap. Atau bisa juga dengan membuat banyak ventilasi di dapur dan membuatnya sedikit terbuka agar asap tidak terperangkap di dalam rumah. (***/)
HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277

redaksizonasultra@gmail.com

Marketing:

marketingzonasultra@gmail.com