Waspada DBD, Dinkes Muna Lakukan Fogging

53
Waspada DBD, Dinkes Muna Lakukan Fogging
Fogging - Dinkes Muna mulai gencar melakukan fogging di beberapa titik kawasan Kota Raha. (Nasrudin/ZOASULTRA.COM)

ZONASULTRA.COM, RAHA – Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara (Sultra) kini waspada Demam Berdarah Dengue (DBD). Tercatat sudah ada delapan orang terinfeksi penyakit yang disebabkan oleh nyamuk Aedes aegypti itu.

Mengantisipasi banyaknya korban penderita DBD, Dinas Kesehatan (Dinkes) Muna mulai rutin melakukan fogging di beberapa titik lokasi yang sudah terinfeksi.

“Fogging mulai dilakukan di kawasan kota seperti di Jalan Basuki Rahmat Kelurahan Mangga Kuning Kecamatan Katobu, di Madesabara, Lorong Strong dan beberapa wilayah lainnya tempat berkembang biak nyamuk Aedes aegypti,” terang Plt Kadis Kesehatan Muna, Hasdiman Maani, Rabu (6/2/2019).

(Baca Juga : RSUD Muna Tangani 8 Kasus DBD)

Hasdiman mengaku, setelah ada laporan fogging langsung dilakukan di titik-titik yang sudah terserang DBD.

“Kita langsung turun lapangan. Semua wilayah pemukiman yang masih terbilang kumuh kita langsung lakukan fogging, sama halnya dengan tempat mereka yang sudah terserang DBD,” ucapnya.

Setiap lokasi yang sudah dipetakan sebagai suspect DBD langsung dilakukan pengasapan. Radiusnya 100 meter dari TKP baik utara, barat, timur dan selatan.

Selain fogging, pihaknya juga melakukan pembagian bubuk abate ke warga untuk membunuh jentik nyamuk yang ada di bak penampungan warga.

Pihaknya juga mengimbau masyarakat untuk menerapkan pola hidup bersih dan menjaga lingkungan untuk tetap bersih.

Dirinya juga sudah menginstruksikan seluruh puskesmas yang tersebar di Muna untuk gencar melakukan penyuluhan dan sosialisasi bahaya DBD serta penularannya. (b)

 


Kontributor: Nasrudin
Editor: Jumriati

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib