iklan zonasultra

Waspada! Gelombang 2,5 Meter Berpotensi di Perairan Manui-Kendari

Tiga Kecamatan di Konut Ini Berpotensi Diterjang Gelombang Tinggi
Ilustrasi

ZONASULTRA.COM,KENDARI – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Maritim Kendari mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi di sejumlah perairan sekitar Sulawesi Tenggara (Sultra).

Melalui siaran tertulis kepada zonasultra, Prakirawan Stasiun Meteorologi Maritim Kendari Faisal mengatakan, peringatan dini berlaku, Minggu (17/2/2019) mulai pukul 08.00 hingga 20.00 WITA.

Dengan tinggi gelombang lebih dari 1,25 meter hingga 2,5 meter diperkiran bakal terjadi di wilayah Perairan Manui-Kendari, Laut Banda Timur Sultra, Teluk Tolo, Perairan Kepulauan Banggai dan Perairan Kepulauan Sula.

Untuk diperhatikan, resiko tinggi terhadap keselamatan pelayaran misalnya perahu nelayan dengan kecepatan angin lebih dari 15 knot dan tinggi gelombang diatas 1,25 meter. Kemudian kapal tongkang dengan kecepatan angin lebih dari 16 knot dan tinggi gelombangnya di atas 1,5 meter.

Lalu, kapal ferry kecepatan angin lebih dari 21 knot dan tinggi gelombang di atas 2,5 meter serta kapal ukuran besar seperti kapal kargo/kapal pesiar kecepatan angin lebih dari 27 knot dan tinggi gelombang di atas 4 meter.

“Dimohon kepada masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar tetap selalu waspada,” ungkap Faisal.

Selain itu, peringatan dini cuaca pada hari ini berpotensi terjadi hujan sedang hingga lebat yang disertai guntur dan angin kencang pada pukul 15.00 Wita hingga 16.30 Wita di wilayah Kota Kendari, dan Konawe Selatan (meliputi sejumlah kecamatan yaitu Konda, Mowila, Konda, Ranomeeto, Moramo , Mowila, Andoolo, Kolono, Lalembuu, Basala, Moramo, Laonti, Kolono, Wolasi, Moramo Utara, Kolono Timur, Lainea).

Kemudian, Konawe Kepulauan, Konawe, Bombana (Rumbia, Lantari Jaya, Poleang), Buton Utara, Baubau, Buton dan Buton Selatan meluas hingga ke Wilayah Kolaka, Konawe Utara, Muna Barat, dan Kolaka Timur. (B)

 


Reporter: Ilham Surahmin
Editor: Muhamad Taslim Dalma

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib