Tampilan Desktop


Waspada, Gelombang Tinggi di Sultra Bisa Mencapai 5 Meter
37 Dibaca

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menghimbau para pengguna jasa transportasi laut di wilayah Sulawesi Tenggara (Sultra) untuk mewaspadai tinggi gelombang yang bisa mencapai 5 meter di sejumlah perairan di wilayah itu.

Hingga Besok, Wilayah Sultra Masih Berpotensi Hujan Lebat

Aris Yunatas

Kepala Seksi Observasi dan Informasi Stasiun Meteorologi Maritim Kendari Aris Yunatas menjelaskan, sejak awal Juni 2016 secara umum pola angin timuran sudah mulai terjadi di wilayah perairan Indonesia, tak terkecuali di wilayah Sulawesi Tenggara (Sultra).

Berdasarkan data historis dan karakter tinggi gelombang maksimum yang disebabkan angin timuran menunjukan bahwa wilayah perairan Sultra mulai bulan Juni hingga Agustus dalam status waspada.

“Tinggi gelombang maksimum di wilayah Sultra pada bulan Juni-Agustus berdasarkan data historis tercatat 2.5 – 5.0 meter dan puncak tinggi gelombang maksimum adalah pada bulan Agustus,” kata Aris melalui pesan WhatsApp, Jumat (10/6/2016).

Aris melanjutkan, mulai 9 Juni – 12 Juni 2016 data menunjukan bahwa prakiraan tinggi gelombang adalah 2,5-5,0 meter.

Adapun perairan yang harus diwaspadai adalah perairan Baubau, perairan Wakatobi, perairan Manui Kendari dan Laut Banda timur Sultra. (A)

 

Penulis: Jumriati

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277

redaksizonasultra@gmail.com

Marketing:

marketingzonasultra@gmail.com