Waspada, Hujan Lebat Masih Berlanjut Hingga Satu Pekan Kedepan

95
Sebaran Hujan Bulan Februari di Sultra Belum Merata
Ilustrasi

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) kembali mengeluarkan peringatan dini potensi hujan lebat yang bakal terjadi hingga satu pekan kedepan di sejumlah wilayah, termasuk Sulawesi Tenggara (Sultra).

Melalui siaran persnya, Deputi Bidang Meteorologi Mulyono R Prabowo mengatakan, Madden-Julian Oscillation (MJO) tumbuh dan berkembang di Samudera Hindia sejak beberapa hari lalu.

Ini memberikan dampak berupa peningkatan curah hujan di wilayah Indonesia bagian barat. Saat ini, MJO diperkirakan mulai bergerak merambat ke wilayah Timur memasuki wilayah Indonesia.


Sehingga pada periode tanggal 8 hingga 14 Maret 2019 diprediksi potensi hujan lebat akan terkonsentrasi di sebagian wilayah pulau Jawa dan wilayah Indonesia Tengah dan Timur antara lain DI Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, NTB, NTT, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat dan Papua.

(Baca Juga : Waspada Hujan Lebat Tiga Hari Kedepan)

Kemudian, periode yang sama, diprediksikan akan terdapat beberapa sirkulasi siklonik dan daerah konvergensi yang juga dapat meningkatkan potensi curah hujan meski cenderung memiliki waktu kejadian yang relatif lebih singkat. Daerah yang berpotensi hujan lebat akibat fenomena ini antara lain Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Bengkulu, Lampung, Banten dan DKI Jakarta.

Selain itu, potensi gelombang tinggi 2.5 hingga 4.0 meter diperkirakan terjadi di Selat Sunda bagian selatan, Perairan selatan Jawa hingga Lombok, Selat Bali hingga Selat Lombok bagian selatan, Samudera Hindia selatan Jawa hingga NTB, Perairan utara Kep. Kangean, Laut Jawa bagian timur.

Selat Makassar bagian selatan, Laut Sumbawa, Perairan Kep. Sangihe – Talaud, Laut Flores, Laut Banda, Perairan Barat Kep. Kei, Perairan Utara Kep. Tanimbar, Perairan Manokwari hingga Biak.

BMKG pun mengimbau masyarakat agar tetap berhati-hati dan waspada terhadap potensi bencana hidrometeorologis terusan akibat curah hujan tinggi berupa banjir, banjir bandang, tanah longsor, angin kencang, pohon tumbang, petir dan jalan licin.

Prakirawan Cuaca Stasiun Meteorologi Maritim Kendari Faisal menyebutkan prakiraan cuaca Sultra besok, Minggu (10/3/2019) sejumlah wilayah Bumi Anoa akan dilanda hujan.

Pagi hari berpotensi Hujan Ringan di wilayah Wakatobi, Buton Selatan dan Buton. Selanjutnya, siang dan sore berpotensi Hujan Sedang di wilayah di Konawe Utara, Bombana dan Wakatobi. Berpotensi Hujan Ringan di wilayah Kendari, Konawe, Buton Selatan, Buton Utara dan Baubau.

Malam harinya, berpotensi Hujan Sedang di Wilayah Buton Utara dan Muna. Hujan Ringan di wilayah Wakatobi, Konawe Kepulauan dan Kendari.

Dini hari pun masih berpotensi Hujan Ringan di wilayah konawe kepulauan, buton utara, wakatobi dan buton selatan.

Kemudian, peringatan dini hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai guntur dan angin kencang pada siang hari di Konawe Utara, Bombana dan Wanci sedangkan Buton Utara dan Muna pada malam hari. (B)

 


Reporter: Ilham Surahmin
Editor: Abdul Saban

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib