Tampilan Desktop



Waspada, Perokok Lebih Beresiko Tertular Meningitis
17 Dibaca

Penularan bakteri penyebab meningitis yang bersifat langsung dapat terjadi melalui udara atau kontak dengan cairan pada saluran pernapasan, misalnya, pemakaian gelas bersama. Kuman akan menempati dae

Penularan bakteri penyebab meningitis yang bersifat langsung dapat terjadi melalui udara atau kontak dengan cairan pada saluran pernapasan, misalnya, pemakaian gelas bersama. Kuman akan menempati daerah nasofaring, kemudian menembus selaput lendir.
Iritasi akibat merokok juga menyebabkan luka pada nasofaring sehingga kekebalan tubuh lebih rendah dan bakteri mudah berkembang biak.
“Sampai saat ini belum ada data pasti berapa jumlah perokok yang terkena meningitis. Namun merokok jelas meningkatkan faktor risiko terkena radang selaput otak,” kata dr.Iris Rengganis, Sp.PD dari Divisi Alergi Imunologi Klinik, FKUI-RSCM seperti dikutip dari Kompas.com Sabtu (28/3/2015)
Besarnya risiko terkena meningitis hampir sama antara perokok aktif maupun pasif. Risiko yang sama juga ditemui orang yang kerap berbagi rokok dalam satu batang.
“Lendir penderita yang mengandung bateri atau virus meningitis di dalamnya berpotensi pindah ke orang yang sehat melalui perantara pangkal rokok,” papar Iris.
Selain itu kebiasaan merokok sendiri berarti secara rutin memasukkan racun ke dalam tubuh karena rokok mengandung beragam zat kimia beracun. Hal ini berefek pada lemahnya pertahanan tubuh pada kuman, termasuk kuman penyebab meningitis.
Beberapa bakteri yang menyebabkan meningitis adalah Streptococcus pneumoniae danNeisseria meningitidis. Sedangkan dari golongan virus ada enterovirus dan virus influenza.
Tidak merokok menjadi langkah awal mencegah meningitis. “Sedapat mungkin tidak usah merokok. Vaksin meningitis juga tidak bisa bekerja maksimal jika masih merokok,” kata Iris. (*/)
HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0822 9264 2997

0853 4040 4947

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com

ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free