Tampilan Desktop


WNA Tiongkok Lewati Bandara Haluoleo Tanpa Pengawasan Imigrasi
38 Dibaca

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Akhir-akhir ini banyak warga negara asing (WNA) berkebangsaan Tiongkok yang datang ke Sulawesi Tenggara (Sultra) melalui Bandara Haluoleo (HO) Kendari. Meski begitu, Kantor Imigrasi Klas 1 Kendari tidak menaruh pengawasan di bandara padahal sudah ada beberapa WNA Tiongkok yang ditangkap karena dokumen yang tidak sesuai.

Kepala Seksi (Kasi) Sarana Komunikasi Keimigrasian Kantor Imigrasi Klas 1 Kendari, Letehina beralasan tidak ada satu ketentuan bahwa kedatangan WNA yang melewati Bandara HO harus diperiksa kantor imigrasi. Karena itu pihaknya tidak menempatkan personil di bandara.

Pada prakteknya kantor imigrasi tetap mempunyai kewajiban untuk mengawasi dan memonitor kedatangan WNA melalui Bandara HO. Hanya saja kata Letehina, Bandara HO mempunyai akses hingga ke Morowali, Sulawesi Tengah. Sementara wewenang Kantor Imigrasi Kendari hanya WNA yang ada di wilayah Sultra.

“Jadi WNA yang ke Morowali pun pasti lewat disitu. Semalam yang bapak lihat itu tidak semuanya akan tinggal di Sultra. Jadi kita tidak mempunyai kewajiban untuk menstop mereka, dan kembali lagi bahwa Bandara HO itu merupakan bandara domestik sehingga WNA mempunyai hak untuk lewat disitu,” ujar Letehina, Jumat (23/10/2015).

Letehina menambahkan, di daerah Sultra sendiri, jika ada WNA yang tidak jelas asal usulnya maka bisa dilaporkan ke kepolisian ataupun langsung ke kantor imigrasi setempat. Jika surat-surat WNA yang dilaporkan ternyata tidak sesuai, seperti visa tinggal terbatas namun digunakan untuk bekerja maka bisa dideportasi.

Untuk diketahui Kantor Imigrasi Klas 1 Kendari mengamankan 5 orang WNA berkebangsaan Tiongkok, Jumat (23/10/2015). Kelima orang itu ditangkap di Bombana dan Konawe dalam operasi serentak keimigrasian seluruh Indonesia dari tanggal 19-23 Oktober 2015. Pemeriksaan sementara kelima orang tersebut menyalahgunakan visa izin tinggal terbatas untuk bekerja.

 

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277

redaksizonasultra@gmail.com

Marketing:

marketingzonasultra@gmail.com