Tampilan Desktop


Wujudkan Kendari Smart City, BI Sultra Dorong Implementasi Gerakan Non Tunai
73 Dibaca

Wujudkan Kendari Smart City, BI Sultra Dorong Implementasi Gerakan Non Tunai

SMART CITY – Dalam rangka mendorong gerakan nasional non tunai (GNNT) di lingkup Pemerintah Kota Kendari sekaligus mewujudkan Kota Kendari menjadi Smart City, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) menyelenggarakan kampanye dan sosialisasi penggunaan Kendari Smart Card sebagai alat pembayaran di kantin Pemkot Kendari, Selasa (27/9/2016). (Hasan/ZONASULTRA.COM)

 

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Dalam rangka mendorong gerakan nasional non tunai (GNNT) di lingkup Pemerintah Kota Kendari sekaligus mewujudkan Kota Kendari menjadi Smart City, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) menyelenggarakan kampanye dan sosialisasi penggunaan Kendari Smart Card sebagai alat pembayaran di kantin Pemkot Kendari, Selasa (27/9/2016) siang.

Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari penandatangan MoU transaksi keuangan non tunai di lingkungan Pemkot Kendari pada 25 Juni 2015 lalu yang ditandatangani oleh Kepala Perwakilan BI Sultra Dian Nugraha, Walikota Kendari Asrun, dan Pemimpin Cabang PT BRI Kendari Sukirno.

“Kampanye penggunaan Kendari Smart Card sebagai alat pembayaran merupakan upaya dari BI Sultra dan Pemkot Kendari yang didukung oleh BRI untuk mensukseskan implementasi transaksi non tunai guna mewujudkan Kota Kendari menjadi Smart City,” kata Dian Nugraha.

Menurut Dian, saat ini hampir seluruh PNS di Pemkot Kendari telah memiliki Kendari Smart Card yang dapat berfungsi juga sebagai uang elektronik meskipun penggunaannya dinilai belum optimal.

Pihak BRI selaku penyedia Kendari Smart Card telah memasang beberapa EDC di kantin lingkup Pemkot Kendari dan bus Trans Lulo untuk mendorong penggunaan Kendari Smart Card sebagai alat pembayaran.

Selain untuk kalangan PNS, kata Dian, uang elektronik juga dapat dimiliki oleh masyarakat luas dengan menghubungi perbankan dan perusahaan lain yang telah menyediakan layanan uang elektronik.

“Harapan kami setelah melakukan sosialisasi adalah pemerintah dan masyarakat secepat mungkin merespon perkembangan bidang digital, terutama dalam hal transaksi non tunai,”ungkapnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kota Kendari Alamsyah Lotunani sangat mengapresiasi kegiatan ini karena sangat sejalan dengan program Kota Kendari sebagai Smart City. Apalagi sebelumnya Walikota Kendari telah mendapatkan penghargaan menjadi smart city dari PT Telkom Indonesia.

“Karena itu kami berkomitmen mewujudkan Kendari menjadi Smart City secara menyeluruh, termasuk di segi perbankan,” kata dia. (B)

 

Reporter : Hasan
Editor: Jumriati

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277

redaksizonasultra@gmail.com

Marketing:

marketingzonasultra@gmail.com