Tampilan Desktop


Wujudkan Tata Kelola Universitas yang Baik, UHO Gelar Workshop Kearsipan
106 Dibaca

Wujudkan Tata Kelola Universitas yang Baik, UHO Gelar Workshop Kearsipan

Workshop Kearsipan – UPT Kearsipan UHO menggelar workshop penyelenggaraan kearsipan di Plaza Inn, Senin (18/1/2016). Workshop ini merupakan salah satu langkah untuk mewujudkan tata kelola perguruan tinggi yang baik. (JUMRIATI/ZONASULTRA.COM)

 

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Untuk mewujudkan tata kelola perguruan tinggi yang baik, Unit Pengelola Teknis (UPT) Kearsipan Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar workshop penyelenggaraan kearsipan lingkup UHO di Hotel Plaza Inn Kendari, Senin (18/1/2016).

Sekretaris UPT Kearsiapan UHO, Alim Marhadi mengatakan, workshop ini diselenggarakan berdasarkan amanah Undang-Undang No 43 Tahun 2009 tentang Kearsipan agar penyelenggaraan tridharma perguruan tinggi di kampus hijau itu dapat berlangsung secara efektif, efisien, bersih, bertanggungjawab dan bebas dari korupsi, kolusi dan nepotisme.

Menurut Alim, permasalahan kearsipan di UHO saat ini masih jauh dari kata sempurna. Hal ini disebabkan kondisi arsip yang masih belum baik, juga dipengaruhi oleh sinergitas pengelolaan arsip antar unit-unit kerja yang masih jauh dari standar sistem Kearsipan Nasional.

“Sebagain besar pegawai masih belum memiliki apresiasi dan kesadaran terhadap pentingnya tertib arsip. Arsip di unit-unit kerja masih berserak, menumpuk, tidak diinventaris dan tidak terpelihara dengan baik,” kata Alim.

Dikatakan dia, permasalahan kearsipan semakin hari tampaknya semakin besar dan memperlebar jarak tercapainya tujuan kearsipan di lingkungan perguruan tinggi. Oleh karena itu, diperlukan langkah-langkah strategis dan komprehensif untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Dia melanjutkan, dalam menghadapi tantangan globalisasi dan mendukung terwujudnya penyelenggaraan kearsipan maka diperlukan sumber daya manusia yang handal (SDM).

“SDM di bidang kearsipan harus menguasai sistem penataan, memiliki keterampilan dan kemampuan merancang program pengelolaan dan penataan arsip. Sebagai UPT yang terbilang baru, kami tentu masih membutuhkan banyak dukungan untuk mencetak SDM yang handal, salah satunya melalui workshop seperti ini,” ungkap Alim.

Sementara itu, Deputi Bidang Pembinaan Kearsipan RI Andi Kasim yang membuka secara langsung worksop ini menekankan pentingnya sebuah arsip. Ia pun sangat mengapresiasi UPT Kearsipan UHO yang terus berbenah untuk mewujudukan sistem kearsipan yang baik di lingkup kampus terbesar di Sultra itu.

 

Penulis: Jumriati

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277

redaksizonasultra@gmail.com

Marketing:

marketingzonasultra@gmail.com