Tampilan Desktop

Yayasan Kreasi Insani Ajak Generasi Muda jangan Golput
55 Dibaca

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Yayasan Kreasi Insani Indonesia (Yakiin), mengajak generasi Muda di Kota Kendari untuk tidak Golput dalam pemilihan walikota (Pilwali) Kendari 2017. Sebab, menurut Yakiin, generasi muda merupakan salah satu elemen paling besar yang akan berpartisipasi di Pilwali.

Yayasan Kreasi Insani Ajak Generasi Muda jangan Golput

Kiesman M. Thalib

Direktur Yakiin Sultra Kiesman M. Thalib menyampaikan, dengan sistem politik dan pemilu saat ini satu suara dapat menjadi kemenangan calon Wali Kota. Olehnya, satu suara saja dari anak muda pemilih pemula yang sudah berusia 17 tahun bisa menentukan siapa yang akan menjadi Wali Kota.

“Anak-anak Muda di Kota Kendari sudah kita ajak diskusi tentang siapa yang layak memimpin Kota Kendari, sebagian besar dari mereka enggan mendiskusikannya karena ada anggapan memilih di pemilu adalah urusan orang dewasa bukan anak sekolah,” ujar Kiesman di Kendari, Selasa (29/11/2016).

Anggapan seperti itulah yang membuat angka Golput cenderung naik di setiap pemilu di Indonesia. Selain itu, pendidikan politik generasi muda biasanya hanya pada saat perhelatan pemilihan Ketua OSIS di sekolah-sekolah padahal itu tidak cukup kuat untuk memberikan pendidikan politik.

Untuk itu, lanjut Kiesman, guna memberikan kesadaran pada generasi muda tentang pentingnya tidak Golput, Yakiin akan menggelar diskusi publik pada Kamis, 1 Desember 2016. Dalam diskusi akan menghadirkan ratusan anak-anak muda yang masuk dalam kategori pemilih pemula dengan menghadirkan pemateri dari KPU, Panwas, akademisi, dan dari lembaga pemantau pemilu Sultra Demo.

Sementara, mengenai data pemilih pemula dari generasi muda hingga saat ini belum dapat dipastikan jumlahnya, sebab Daftar Pemilih Tetap (DPT) belum diplenokan KPU. Namun tambah Kiesman, jumlahnya pasti sangat tinggi jika melihat pertambahan penduduk di Kota Kendari. (B)

 

Penulis : Muhammad Taslim Dalma
Editor : Kiki

JN ZonaSultra

View all contributions by JN ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PROMOSI IKLAN

0821 1188 2277
redaksizonasultra@gmail.com

Marketing:
marketingzonasultra@gmail.com