Tampilan Desktop



Yuk Kenali Meningitis, Penyakit yang Diderita Olga Syahputra
19 Dibaca

Sebelum Olga, artis Ashanty, istri dari musisi Anang Hermansyah juga pernah mengalami penyakit yang sama. Namun, beruntung Ashanty berhasil mengusir penyakit tersebut dari tubuhnya lebih dini.  <

Sebelum Olga, artis Ashanty, istri dari musisi Anang Hermansyah juga pernah mengalami penyakit yang sama. Namun, beruntung Ashanty berhasil mengusir penyakit tersebut dari tubuhnya lebih dini.  
Banyak orang bertanya-tanya apa penyebab penyakit meningitis tersebut.

Dikutip dari rtv.co.id, meningitis adalah gejala peradangan yang mengenai lapisan selaput pelindung jaringan otak dan sumsum tulang belakang yang juga menimbulkan eksudasi berupa pus atau serosa yang disebabkan oleh bakteri atau virus. Penyakit ini dapat disebabkan oleh mikroorganisme, kanker, jamur, luka fisik, obat-obatan tertentu yang dikonsumsi oleh pasien dan parasit yang menyebar ke dalam darah dan melebur ke cairan otak.

Penyakit ini dikategorikan sebagai penyakit serius yang harus segera mendapatkan penanganan, mengingat letak penyakit ini berada dekat dengan otak dan tulang belakang, sehingga dapat menyebabkan kerusakan gerak, pikiran dan bahkan berujung pada kematian.

Untuk itulah pasien yang didiagnosa menderita meningitis dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan yang lebih lanjut, karena masing-masing penyakit meningitis akan mendapatkan perawatan yang sesuai dengan penyebabnya.

Pada dasarnya penyakit meningitis disebabkan oleh paparan virus tidak berbahaya dan akan pulih tanpa perawatan dan pengobatan yang spesifik. Hanya saja, meningitis yang disebabkan oleh bakteri dapat menyebabkan kondisi yang serius, seperti kerusakan yang terjadi pada otak, hilangnya kemampuan belajar, berkurangnya kemampuan mendengar dan bahkan dapat menyebabkan risiko kematian.

Sedangkan meningitis yang disebabkan oleh jamur, biasanya amat jarang terjadi, jenis ini umumnya diderita oleh pasien yang menderita kerusakan daya tahan tubuh seperti halnya penderita AIDS.

Menular

Meningitis termasuk penyakit yang dapat menular dengan mudah. Penularan bisa disebabkan oleh mikroorganisme, bakteri, virus dan jamur. Jika tidak disembuhkan sejak dini maka dikhawatirkan akan mengakibatkan keluhan tubuh yang lebih fatal.

Adapun media yang dapat menjadi bagian penularan penyakit meningitis adalah melalui ingus dan cairan ludah saat bersin, tertawa ataupun berbicara. Dan media lainnya yang menjadi media penularan penyakit meningitis ini bisa terjadi pada gelas, piring dan peralatan makan yang digunakan si penderita. Selain itu handuk dan tisu juga bisa menjadi media penularan. (***/)

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0822 9264 2997

0853 4040 4947

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com