iklan zonasultra

1.052 Unit Rumah Bantuan Siap Dibangun di Kolaka

1.052 Unit Rumah Bantuan Siap Dibangun di Kolaka
PEMKAB KOLAKA - Kepala Dinas Pemukiman dan Perumahan Kabupaten Kolaka Abbas (tengah) saat sedang bersama Bupati Kolaka Ahmad Sjafei serta jajaran pejabat lainnya saat meninjau lokasi pembangunan proyek perumahan dan pemukiman di Kolaka. (Foto : Istimewa)

ZONASULTRA.COM, MAKASSAR – Pemerintah Kabupaten Kolaka mendapatkan bantuan dari pemerintah pusat melalui dana APBN 2018 untuk pembangunan rumah sebanyak 700 unit.

Kepala Dinas Pemukiman dan Perumahan Kabupaten Kolaka Abbas mengatakan, bantuan dari pemerintah pusat melalui perumahan swadaya sebanyak 400 unit, perbaikan rumah melalui DAK 300 unit serta program dana APBD pemerintah setempat sebanyak 352 unit, sehingga total rumah bantuan yang akan dibangun ada 1.052 unit.

Selain itu, pihaknya juga mendapatkan bantuan dari Kementerian PUPR melalui program pembangunan rumah bersusun untuk nelayan. Pembangunan rusun ini ditempatkan di depan Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Mangolo, Kabupaten Kolaka dengan anggaran Rp20 miliar.

iklan zonasultra

“Rusun ini diperuntukan untuk para nelayan yang berpenghasilan rendah, diberikan secara gratis. Kenapa dibangun di situ supaya rumah dan tempat kerja para nelayan tidak berjauhan,” ungkap Abbas ditemui saat acara penandatangan Surat Perjanjian Jual Beli Tenaga Listrik (SPJBTL) antara PT PLN wilayah Sulselbar dengan PT Ceria Kolaka di Makassar, Rabu (4/7/2018).

Terlepas dari itu, kata Abbas, pemerintah kabupaten terus berupaya melakukan perbaikan dalam penataan lingkungan pemukiman di Kolaka, terutama kawasan kumuh.

Saat ini pihaknya mencatat kawasan kumuh yang ada di Kabupaten Kolaka sebanyak 104 hektar, dan melalui program tersebut sudah mulai berkurang.

Untuk penataan kawasan kumuh sendiri, Pemkab Kolaka juga mendapatkan bantuan dari APBN melalui program jota tanpa kumuh (Kotaku) sebesar Rp8 miliar serta melalui APBD tahun ini Rp2 miliar.

“Komit kita untuk pengentasan kawasan kumuh ini, dan semoga program ini berjalan maksimal,” tukasnya. (B)

 


Reporter: Ilham Surahmin
Editor: Jumriati

1 KOMENTAR

  1. Assalamu’alaikum wr.wb kepada kepala pemerintah yang terhormat disini saya bernama alpia tinggal desa bende kec. Wundulako kab.kolaka saya melihat ada sebuah bantuan di desa kami.namun sebagian ada yang mendapatkan bantuan dan ada pula juga yang tidak.mohon pak agar penjelasannya mengapa org yg diberi bantuan disini orang yang mampu.bahkann rumah mereka masih utuh atap dan dinding mereka masih sempurna sedangkan rumah saya pak bocor dan tdk layak untuk di tinggalkan.ketika musim hujan rumah saya dilanda dengan kebanjiran.mohon bantuanya pak agar ketika memberikan bantuan kepda masyarakat agar ditinjau.mohon bantuanx pak wassalam

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib