iklan zonasultra

1.120 Nakes di Kolut Prioritas Disuntik Vaksin Covid-19

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kolut, Irham
Irham

ZONASULTRA.COM,LASUSUA- Sebanyak 1.120 Tenaga kesehatan (Nakes) di Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) Sulawesi Tenggara (Sultra) jadi prioritas untuk mendapatkan suntikan vaksin virus corona atau Covid-19.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kolut Irham mengatakan berdasarkan aturan prioritas vaksin corona Sinovac diperuntukkan untuk nakes. Berdasarkan data keseluruhan tenaga kesehatan yang tersebar di Kolut ada sekitar 1.120 orang yang akan divaksin secara serentak.

Kata dia, untuk jadwal penyaluran vaksin diperkirakan akan dimulai awal Februari 2020 mendatang. Meski saat ini masih menunggu vaksin tersebut, pihaknya sudah mengatur mekanisme dan petunjuk teknis (juknis) serta membentuk tim tenaga medis yang bertugas memberikan vaksin Covid-19 tersebut.

“Kita sudah mendapat kabar vaksin sudah tiba di Kendari, untuk jadwal Kolaka Utara rencana akan disalurkan 1 Februari mendatang,” kata Irham kepada awak Zonasultra.Com Rabu (13/1/2021).

Dikatakannya, sesuai rencana pihaknya akan membuka 18 titik pelayanan vaksin tersebut yakni 16 puskesmas dari 15 kecamatan, satu rumah sakit serta satu klinik kesehatan yang ditempatkan di Polres Kolut. Meski belum diketahui jumlah vaksin tersebut namun secara teknis 1.120 tenaga medis yang bekerja di pelayanan kesehatan, baik itu profesi non kesehatan seperti security dan cleaning service akan menjadi prioritas.

“Untuk tahap pertama vaksin itu diprioritaskan untuk nakes dan sudah keputusan dari pusat, itu sudah keputusan terbaik karena nakes merupakan garda terdepan karena bersentuhan dengan pasien,” ujarnya.

Ia menambahkan, adapun tahap kedua penyaluran vaksin tersebut yakni pejabat dan kepala organisasi perangkat daerah (OPD) serta aparatur sipil negara (ASN) yang berada di pelayanan publik kemudian ASN secara umum dan dilanjutkan kelompok masyarakat dengan sasaran tertentu.

“Rencana dua kali dilakukan penyuntikan dengan waktu 14 hari sejak vaksin pertama,” terangnya.

Ia mengimbau kepada seluruh masyarakat kolut untuk tidak berpikir negatif dan tidak terpancing informasi yang salah di media sosial terhadap vaksin tersebut sebab telah melalui tahap uji klinis demi memastikan keamanan untuk digunakan pada manusia. Salah satu manfaat vaksin Covid-19 adalah memberikan kekebalan pada tubuh. (B)

 


Kontributor: Rusman
Editor: Muhamad Taslim Dalma

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib