iklan zonasultra

1.500 Peserta Siap Ramaikan Gowes Nusantara di Mubar

Plt Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Mubar, Syahrullah Ando
Syahrullah Ando

ZONASULTRA.COM, LAWORO – Sebanyak 1.500 peserta siap meramaikan Gowes Nusantara tahun 2019 yang akan dilaksanakan di Kabupaten Muna Barat (Mubar), Sulawesi Tenggara (Sultra) pada 24 November 2019 mendatang. Kegiatan bersepeda ini diselenggarakan oleh Pemerintah Daerah (Pemda) Mubar.

Dari 1.500 peserta yang mendaftarkan diri di Gowes Nusantara ini, ada dari Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Kota Kendari, Muna dan Mubar. Sementara, rutenya mulai Lapangan Desa Ondoke, lalu ke Desa Wuna, Desa Lafinde dan finis di Kantor Bupati Mubar, Desa Kampubalono, Kecamatan Sawerigadi.

“Sejauh ini peserta yang mendaftar pada panitia kurang lebih 1.500 peserta. Jumlah peserta ini akan terus bertambah dan kami tetap masih membuka pendaftaran bagi masyarakat yang ingin mengikuti Gowes Nusantara dan pendaftarannya gratis,” kata Plt Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Mubar, Syahrullah Ando saat ditemui di ruangan kerjanya, Jumat (22/11/2019).

iklan zonasultra

Kata Syahrullah, ada beberapa komunitas yang ada di Kota Kendari turut meramaikan gowes nusantara ini yakni peserta komunitas UHO, dan Banana Home Kendari. Sedangkan, dari Muna yakni komunitas BWCC Muna, komunitas Pesantren Muna dan ada beberapa peserta perorangan.

(Baca Juga : November, Mubar Akan Gelar Gowes Nusantara 2019)

“Di Mubar juga ada beberapa komunitas sepeda yang siap ikut dalam gowes ini, yakni komunitas Robhine Gowes, komunitas Sepeda Wapae, komunitas sepeda SMA se-Mubar. Kemudian, komunitas sepeda Dinas Pendidikan Mubar juga siap meramaikan gowes ini dengan jumlah peserta 237 orang,” bebernya.

Syahrullah memastikan, yang akan membuka Gowes Nusantara 2019 ini adalah Menteri Pemuda dan Olahraga yang diwakili oleh Asisten Deputi (Asdep) Bidang Olahraga Rekreasi. Lanjut dia, Gowes Nusantara 2019 ini, ada tiga kabupaten/kota yang dipilih langsung oleh Kemenpora RI yakni Kota Kendari, Kabupaten Kolaka dan Kabupaten Muna Barat.

Lebih lanjut, kata Syahrullah, Gowes Nusantara dan Jelajah Gowes Nusantara merupakan program dari Presiden RI Jokowi Widodo, serta untuk mengkampanyekan Gerakan Ayo Olahraga dan Ayo Bergerak. Khusus di Mubar ini, gowes sudah dilaksakan setiap hari Sabtu dengan peserta seluruh kepala OPD dan masyarakat sekitar.

(Baca Juga : Ratusan Pesepeda Ramaikan Gowes Nusantara di Kolaka)

“Jadi gowes ini bukan hal baru di Mubar. Setiap hari Sabtu Pemda Mubar dengan dipimpin langsung Bupati Mubar La Ode M Rajiun Tumada dan wakilnya Achmad Lamani, kita melaksanakan gowes di tiga wilayah besar di daerah ini,” ungkapnya.

Dalam Gowes Nusantara 2019 ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muna Barat menyiapakan hadiah berupa televisi 32 inci, kulkas, sepeda, mesin cuci, kompor gas, handphone android. Kemudian, ricecooker, dispenser, mixer, blender, kipas angin, setrika, dan jam dinding. Panitia juga menyiapkan 5.000 kupon dan baju kaos untuk setiap peserta Gowes Nusantara 2019 ini. (B)

 


Kontributor : Kasman
Editor: Muhamad Taslim Dalma
Loading...

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib