10 Kotak Suara Rusak di Konsel Telah Diganti

Enam Kotak Suara di Bombana dan Empat di Konsel Rusak Terkena Air Hujan
KORAK SUARA RUSAK - Kotak suara yang rusak tersimpan di gudang penyimpanan logistik KPU Konawe Selatan. (Erik Ari Prabowo/ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Sejumlah Kotak suara Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 di Sulawesi Tenggara (Sultra) mengalami kerusakan. Tak hanya di Kabupaten Bombana yang mendapat masalah kerusakan 13 kotak suara, di Konawe Selatan (Konsel) juga terdapat 10 kotak suara rusak.

10 Kotak suara rusak itu berada di tiga kecamatan berbeda. Di Kecamatan Laeya ada dua kotak suara DPD RI untuk di TPS 02 Anggoroboti, dan kotak suara DPRD provinsi di TPS 06 Kelurahan Punggaluku. Kemudian di Kecamatan Ranomeeto terdapat empat kotak suara rusak, tiga di antaranya untuk DPD RI di TPS 06 Desa Kota Bangun, TPS 01 Duduria, dan kotak suara DPR RI TPS 02 Ranomeeto.

Lalu, di Kecamatan Palangga Selatan sebanyak empat kotak suara rusak yakni dua di antaranya kotak suara DPD RI di TPS 01 Desa Parasa dan TPS 01 Watumbohoti. Sisanya dua kotak suara DPRD Provinsi TPS 01 Watumbohoti dan TPS 01 Wawowonua.

Baca Juga : Enam Kotak Suara di Bombana dan Empat di Konsel Rusak Terkena Air Hujan

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sultra La Ode Abdul Natsir Muthalib mengatakan, kerusakan kotak suara tesebut terjadi pada saat dilakukan pergeseran kotak suara. Ketika di atas mobil truck terkena baut pada palang atas bagian tengah, saat pendistribusian bergesekan dalam perjalanan.

“Terhadap sepuluh kotak suara ini sudah dilakukan pergantian dan sudah dikoordinasikan dengan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu),” terang La Ode Abdul Natsir via whatsapp, Selasa (16/4/2019). (B)

 


Kontributor: Fadli Aksar
Editor: Muhamad Taslim Dalma

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib