iklan zonasultra

10 Orang Pelayat Klaster Arombu Konawe Positif Covid-19

Jenazah Dinyatakan Positif Covid-19 Usai Pemakaman, 200 Pelayat Wajib Tes Swab
Ilustrasi

ZONASULTRA.COM, UNAAHA – Sepuluh orang pelayat dinyatakan positif Covid-19 usai menghadiri pemakaman salah satu warga Kelurahan Arombu, Kecamatan Unaaha, Kabupaten Konawe yang positif Covid-19. Mereka terdiri dari tujuh warga Kecamatan Unaaha, satu warga Konawe Selatan, dan dua warga Kabupaten Konawe Utara (Konut).

Juru Bicara Tim Gugus Penanggulangan Covid-19 Konawe, dr. Diah Nilasari menyebutkan hasil swab 10 orang dari 76 orang pelayat telah keluar hari ini dan hasilnya positif, sementara yang lainnya masih menunggu.

“Mereka adalah kontak erat pasien meninggal sebelumnya, dari data yang ada satu orang merupakan kerabat almarhum dari Konsel, dan dua orang lainnya merupakan warga Konut. Mereka hadir dalam proses pemakaman warga Arombu itu,” terang Nila via WhatsApp, Sabtu (26/9/2020)

Nila merinci, tujuh orang pasien baru warga Unaaha tersebar di tiga kelurahan dan desa, yakni Kelurahan Arombu, Kelurahan Latoma, Kecamatan Unaaha, dan satu orang warga Kecamatan Wonggeduku. Saat ini 10 orang yang dinyatakan positif Covid telah dijemput oleh tim medis Rumah Sakit Darurat (RSD) Covid Konawe untuk dirawat.

Sebelumnya, satu orang warga Kelurahan Arombu, Kecamatan Unaaha dinyatakan meninggal dunia akibat terpapar virus corona. Pasien dimakamkan tanpa menggunakan protokol kesehatan. Akibatnya, 76 orang pelayat diwajibkan untuk melakukan swab. Dari jumlah tersebut 10 orang pelayat dinyatakan positif, sementara lainnya belum ada hasil swab.

Sejak adanya kasus meninggal dunia, Pemerintah Daerah (Pemda) Konawe juga langsung memberlakukan pembatasan sosial bagi warga Kelurahan Arombu, bahkan penyaluran bantuan beras untuk Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) terpaksa ditunda.

Saat ini total pasien positif Covid-19 yang sedang menjalani perawatan medis di RSD Covid-19 Konawe berjumlah 36 orang. Jumlah ini diperkirakan masih akan bertambah menyusul belum keluarnya hasil swab warga yang menghadiri prosesi pemakaman di Kelurahan Arombu. (A)

 


Kontributor: Restu Tebara
Editor: Jumriati

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib