iklan zonasultra

10 Puskesmas di Muna Bakal Diakreditasi

10 Puskesmas di Muna Bakal Diakreditasi
PUSKESMAS - Puskesmas Maligano, 1 dari 10 puskesmas di Kabupaten Muna yang bakal diakreditasi. Akreditasi tersebut dilakukan untuk meningkatkan pelayanan kesehatan. (ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA.COM, RAHA – Sebanyak 10 pusat kesehatan masyarakat (puskesmas) yang tersebar di sejumlah kecamatan di Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara (Sultra) bakal diakreditasi. Akreditasi tersebut dilakukan untuk meningkatkan pelayanan kesehatan.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Muna, Rimbasua mengatakan, tahun ini ada sekitar 10 puskesmas bakal ditingkatkan statusnya. Wilayah Muna bagian timur mendapatkan jatah lebih.

“Puskesmas yang bakal diakreditasi seperti Puskesmas Maligano, Batukara, Pasirputih, Pasikolaga, Wakorumba Selatan, Walengkabola, Labasa, Bone, dan Marobo,” terang Rimbasua di ruang kerjanya, Selasa (10/12/2019).

iklan zonasultra

Sementara puskesmas lain yang belum terakreditas seperti Wakadia belum bisa dilakukan tahun ini karena masih visitas.

Baca Juga : Satu Puskesmas di Butur Ditarget Raih Akreditasi Utama

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Muna, Rimbasua
Rimbasua

“Penilaiannya akan dilakukan akhir tahun ini oleh tim surveyor dari pusat. Tahun ini memang baru sekitar 10 puskesmas sisanya akan dilakukan tahun depan,” jelasnya.

Pelaksanaan akreditasi puskesmas ini, kata Rimbasua, guna memastikan 12 pelayanan pokok di setiap puskesmas terpenuhi.

Tahun depan pihaknya menargetkan semua puskesmas di Muna harus bersih dan memberikan pelayanan maksimal kepada pasien.

Di wilayah Muna bagian timur peningkatan pelayanan juga akan dilakukan beberapa puskesmas, seperti Puskesmas Maligano. Tahun depan akan direhab untuk meningkatkan pelayanan. Anggaran yang bakal digelontorkan sekitar Rp5 miliar.

Tahun depan Puskesmas Wakorumba Selatan (Wakoresel) juga mendapatkan gelontoran dana sekitar Rp10 miliar dari dana alokasi khusus (DAK) Kementerian Kesehatan.

Dirinya menambahkan, peningkatan tersebut guna memberikan pelayanan kesehatan di wilayah seberang karena selama ini banyak pasien tidak mendapat pelayanan maksimal akibat fasilitas puskesmas yang belum memadai. (b)

 


Kontributor : Nasrudin
Editor : Jumriati

Loading...

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib