100 Warga Konsel Ikut Simulasi Pemungutan dan Perhitungan Suara

100 Warga Konsel Ikut Simulasi Pemungutan dan Perhitungan Suara
SIMULASI - KPU konsel saat menggelar Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara di Desa Parasi Kecamatan Palangga Selatan (Palsel). Kamis (28/3/2019) (ERIK ARI PRABOWO/ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA.COM, ANDOOLO – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) terus memantapkan persiapan jelang pelaksanaan Pemilu 2019 dengan melaksanakan simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara, Kamis (28/3/2019). Kegiatan tersebut berlangsung di Desa Parasi, Kecamatan Palangga Selatan (Palsel).

Komisioner KPU Divisi Teknis Asriani menuturkan, hal itu dilakukan sebagai upaya untuk pematangan petugas dalam melaksanakan rekapitulasi nantinya.

“Tujuannya untuk mengukur kualitas penyelenggara usai menjalani bimbingan teknis(bimtek) pemungutan dan penghitungan suara ,” kata Asriani.

(Baca Juga : Honor PPK dan PPS Laeya Konsel Dicuri, Rp 158 Juta Raib)

Hal ini, lanjut Asriani, untuk menghitung rata rata berapa waktu pemilih yang dihabiskan dalam melakukan pencoblosan, dan kemudian kemungkinan- kemungkinan yang akan terjadi yang dapat menjadi kendala pada hari pencoblosan nantinya.

“Tiap pemilih, kita hitung berapa rata-rata waktu yang dihabiskan pemilih dalam bilik saat melakukan pencoblosan, baik itu pemilih wanita hamil, distabilitas dan lain lain,” jelasnya.

Asriani menambahkan, kegiatan Simulasi tersebut melibatkan sebanyak 100 orang pemilih dengan mengambil sampel Daftar Pemilih Tetap (DPT) 90 orang, Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) 5 Orang, dan Daftar Pemilih Khusus (DPK) 5 Orang.

“Jadi dari 100 Orang sudah di bagi 90 masuk kategori DPT, kemudian DPTb 5 Orang ,dan DPK 5 orang,” terangya.

Kegiatan simulasi ini bakal kembali dilaksanakan di beberapa tempat di wilayah Konsel, dengan melihat kondisi anggaran yang tersedia. (b)

 


Kontributor : Erik Ari Prabowo
Editor : Kiki

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib