iklan zonasultra

105 Rumah di Kota Baubau Dapat Bantuan Listrik Gratis

Kepala Bidang Perumahan, Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kota Baubau, Sumartoyo
Sumartoyo

ZONASULTRA.COM,BAUBAU– Pemerintah Kota Baubau, Sulawesi Tenggara (Sulra), menggunakan APBD 2019 untuk program listrik gratis. Tahun ini ada sekitar 105 rumah yang mendapat program itu.

Hal itu dikemukakan Kepala Bidang Perumahan, Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kota Baubau, Sumartoyo, Jumat (9/8/2019). “Ada 105 rumah yang dapat bantuan listrik gratis. Tersebar di tiga kecamatan, Kecamatan Murhum, Betoambari, dan Kecamatan Surawolio,” ujarnya.

Menurut Sumartoyo, bantuan pemasangan listrik gratis diperuntukan bagi masyarakat kurang mampu Kota Baubau. Untuk itu, pihaknya berkoordinasi dengan pihak kelurahan untuk dapat data warga yang akan disasar. Meski demikian, tim Sumartoyo tetap melakukan verifikasi lapangan untuk cek kepastian data.

iklan zonasultra

“Kita bersurat pada lurah setempat. Kemudian survei lapangan oleh tim dari dinas. Jangan sampai warga yang ada dalam data itu sudah menyambung sebelum dapat bantuan,” urainya, di kantornya.

“Saat ini jika dipersentase, itu sudah sekitar 50 persen lebih yang kita realisasikan tahun 2019 ini,” lanjutnya.

(Baca Juga : 5.500 Rumah di Baubau Tidak Layak Huni)

Meski begitu, ia tidak menyebutkan berapa besaran biaya per rumah yang dapat bantuan listrik gratis. “Pokoknya bantuan itu, warga tinggal tahu menyala saja. Dari tahap awal hingga menyala gratis semua. Warga tinggal bayar iuran bulanan,” bebernya.

Bantuan listrik gratis di Kota Baubau sudah tiga tahun bergulir sejak 2017. “Saat itu 2017 yang paling terbanyak, ada 372 rumah, kemudian tahun 2018, 63 rumah. Kita harapkan tahun depan akan tetap ada dan bertambah alokasinya,” imbuh Sumartoyo. (B)

 


Penulis : M6
Editor: Muhamad Taslim Dalma
Loading...

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib