108.183 Surat Suara Pilwali Baubau Tiba di KPU

108.183 Surat Suara Pilwali Baubau Tiba di KPU
KPU BAUBAU - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Baubau telah menerima logistik surat suara untuk Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota (Pilwali) Baubau. (Asmar Iyan/ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA.COM, BAUBAU – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Baubau telah menerima logistik surat suara untuk Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota (Pilwali) Baubau.

Diketahui, surat suara tersebut sebanyak 108.183. Jumlah itu terdiri dari 103.471 surat suara sesuai DPT, surat suara cadangan sebanyak 2.712, termasuk tambahan 2.000 surat suara untuk pemungutan suara ulang (PSU).

Ketua KPU Baubau, Dian Anggraini membenarkan hal ini. Kata dia, surat suara tersebut tiba di pelabuhan Murhum Baubau pada Jumat(25/5/2018) sekitar pukul 21.00 wita.

“Jadi totalnya itu sebanyak 108.183 surat suara. Itu dikemas dalam 55 dos,” ungkapnya.

Surat suara tersebut, kata Dian, dicetak PT Pura Barutama Kudus di Jawa Tengah. Saat pengiriman surat suara, pihak KPU hanya menunggu di tempat. Perusahaan pencetak yang bertanggungjawab dan memastikan keamanan surat suara tersebut sampai ke tujuan.

“Kami tidak melakukan pengawalan, itu tanggung jawan pihak pencetak. Kami cuma memastikan bahwa surat suara itu sudah dicetak dan sudah didistribusi melalui perusahaan jasa yang telah ditunjuk pihak perusahaan pencetak. kemudian setibahnya di KPU memastikan surat suara sudah sesuai jumlah manives,” tambahnya.

Dian menjelaskan, saat ini pihak KPU tengah melakukan penyortiran surat suara. Penyortiran tersebut hanya melibatkan staf kesekretaritan KPU yang dikawal ketat anggota kepolisian dan Panwaslu Baubau.

“Tidak terlalu banyak surat suaranya, sehingga tidak perlu menggunakan tenaga yang terlalu besar. Dan lebih terkontrol kerjanya,” jelasnya

Ia menambahkan, pihaknya masih menunggu kedatangan logistik lainnya. Logistik yang dimaksud untuk keperluan dan kelengkapan yang ada di TPS.

“Kita lagi menunggu. Kalau kotak suara dan bilik suara kita sudah punya tinggal logistik lainnya,” tutupnya. (B)

 


Reporter : CR3
Editor : Kiki
loading...

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib