iklan zonasultra

11 Desa/Kelurahan di Buton Manfaatkan Dana Desa untuk Pengadaan Kontainer Sampah

11 Desa/Kelurahan di Buton Manfaatkan Dana Desa untuk Pengadaan Kontainer Sampah
11 Desa/Kelurahan di Buton Manfaatkan Dana Desa untuk Pengadaan Kontainer Sampah. (M7/ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA.COM, PASARWAJO – Pemerintah Kecamatan Pasarwajo, Kabupaten Buton melalui sembilan kelurahan dan dua desa, memanfaatkan anggaran dana desa dan dana kelurahan untuk pengadaan kontainer sampah. Anggaran yang digelontorkan untuk pengadaan 11 kontainer sampah sebesar Rp600 juta.

Bupati Buton, La Bakry mengatakan, pengadaan kontainer sampah di ibu kota Kabupaten dapat memberikan solusi bagi masyarakat yang belum membuang sampah pada tempatnya. Adanya kontainer sampah tersebut sebagai upaya menjadikan kota yang bersih guna mempersiapkan diri menjadi tuan rumah Porprov tahun 2022 mendatang.

“Ini merupakan salah satu solusi bagi kita semua, untuk dapat menciptakan ibu kota yang bersih dari tumpukan sampah, sehingga pada pelaksanaan porprov pengunjung dapat kesan yang baik,” ujar Bupati Buton saat menyerahkan kontainer sampah. (29/11/2020).

La Bakry menerangkan setelah penetapan Buton sebagai tuan rumah Porprov 2022, pihaknya meminta dukungan seluruh masyarakat untuk menunjukan bahwa Pasarwajo siap dalam segala aspek terutama kebersihan dalam penyelenggaraan porprov.

Ia menghimbau untuk masyarakat agar membiasakan sampah yang dibuang telah dipisahkan, dari sampah organik, anorganik, dan B3. Hal itu dapat mempermudah saat membuang sampah.

Dinas Lingkungan hidup juga diminta agar selalu mensosialisasikan kebiasaan hidup bersih dengan mengelola sampah dari rumah.

Dalam kesempatan yang sama, Camat Pasarwajo Armuddin mengatakan, selain kontainer sampah, pihaknya mengadakan pula tong sampah sebanyak 320 unit yang terbagi dua kelurahan yakni, 240 unit kelurahan Koholimombo dan 80 unit Kelurahan Pasarwajo.

“Selain kontainer sampah yang akan ditempatkan satu kontainer satu Keluahan, kita juga siapkan bak sampah di setiap rumah warga. Dimana semua demi kebersihan lingkungan Ibu Kota Kabupaten Buton,” ucapnya.

Pengadaan kontainer sampah dan tong sampah, lanjut Armuddin, bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan kebersihan di lingkungan masyarakat untuk membuang sampah pada tempatnya.

Kemudian, pada tahun 2021 mendatang pihaknya akan menambah kapasitas pengangkutan mobil armrol sehingga 22 Kelurahan/Desa se-Kecamatan Pasarwajo dapat menerapkan pengadaan kontainer sampah. (b)

 


Penulis : M7
Editor: Rizki Arifiani

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib