Honda

11 Kelompok Fakir Miskin di Bombana Dapat Bantuan Sosial

11 Kelompok Fakir Miskin di Bombana Dapat Bantuan Sosial
BANTUAN SOSIAL - Bupati Bombana, Tafdil menyerahkan bantuan sosial berupa uang tunai kepada 11 kelompok usaha bersama (Kube) fakir miskin usai upacara hari kesadafan Nasional (HKN) di halaman kantor bupati setempat, Rabu (17/7/2019). (MUHAMMAD JAMIL/ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA.COM, RUMBIA– Sebanyak 11 Kelompok Usaha Bersama (KUBE) fakir miskin di Kabupaten Bombana, mendapat bantuan sosial (bansos) di ajang Hari Kesadaran Nasional (HKN). Bansos itu berupa uang tunai yang diserahkan langsung pimpinan daerah usai upacara HKN di halaman Kantor Bupati Bombana, Rabu (17/7/2019).

Bupati Bombana, Tafdil mengatakan bahwa penyerahan bansos untuk 11 kelompok prasejahtera itu merupakan bantuan dari program Gembira Pemberantasan Kemiskinan (Taskin) yang ditarget sebanyak 50 kelompok per tahun. Kata dia, untuk saat ini pihaknya baru menyalurkan bansos tersebut untuk 11 kelompok itu.

“Ada 50 KUBE fakir miskin yang kami targetkan mendapat bantuan sosial prasejahtera untuk tahun 2019. Namun, untuk saat ini kami memberikan bantuan itu untuk 11 kelompok yang per kelompoknya terdiri dari 10 orang keluarga penerima manfaat (KPM), dan masing-masing kelompok mendapat bantuan usaha senilai Rp25 juta,” ungkap Tafdil usai memimpin upacara HKN tersebut.

iklan zonasultra

Lanjut Tafdil, dari 50 KUBE fakir miskin yang ditarget per tahun itu tersebar di seluruh wilayah Bombana dengan ragam usaha, seperti kelompok usaha penjual sembako, kelompok usaha terasi, peternak sapi, peternak ikan lele, peternak kambing dan lainnya.

(Baca Juga : SDN 08 Kasipute Wakili Sultra di Ajang Lomba Sekolah Sehat Tingkat Nasional)

Dijelaskannya, untuk 10 KUBE penerima bansos prasejahtera kali ini telah ditarget di empat kecamatan yakni, tiga kelompok di kecamatan Rumbia, tiga kelompok di Kecamatan Rumbia Tengah, dua kelompok di Rarowatu dan tiga kelompok di Kecamatan Lantary Jaya.

Selain itu, pihaknya juga memberikan bansos santunan kematian atas kecelakaan kerja untuk tiga orang di dua kecamatan, yakni 2 orang di Kecamatan Rumbia dan satu orang lainnya di Kecamatan Rarowatu.

“Kami berharap sepenuhnya kepada penerima bantuan KUBE prasejahtera untuk lebih meningkatkan usaha mereka demi kehidupan yang lebih mandiri, termasuk penerima santunan kematian agar bisa memanfaatkan bantuan itu sebaik-baiknya,” pungkasnya. (C)

 


Kontributor: Jamil
Editor: Muhamad Taslim Dalma

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib