136 Siswa SMKN 02 Bombana Siap Ikuti UNBK

Kepala SMKN 02 Bombana Sabri
Sabri

ZONASULTRA.COM, RUMBIA – Sebanyak 136 siswa SMKN 2 Bombana, Sulawesi Tenggara (Sultra) siap mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) pada April 2018 nanti.

Peserta ujian di sekolah ini diyakini mampu melewati tahapan sulit itu setelah dilakukan simulasi UNBK beberapa waktu lalu. Saat simulasi semua siswa mampu memperoleh nilai di atas rata-rata dan mampu mengoperasikan sistem komputer dengan baik.

Kepala SMKN 02 Bombana Sabri mengatakan, dari jumlah 138 peserta ujian itu terdiri dari delapan jurusan atau 8 kelas yakni Teknik Kendaraan Ringan (TKR), Teknik Kendaraan Sepeda Motor, Teknik Komputer Jaringan (TKJ), Teknik Konstruksi, Teknik Pengolahan Hasil Perikanan (TPHI), Akuntansi, Keperawatan dan Administrasi Perkantoran.

iklan zonasultra

“Beberapa waktu lalu kami sudah coba lakukan simulasi bagi peserta ujian dan hasilnya sangat baik,” kata Sabri di ruang kerjanya, Sabtu (10/2/2018).

Sekolah yang terletak di Kecamatan Rumbia ini lanjut Sabri, dianggap sebagai sekolah fasilitator karena ada beberapa sekolah yang difasilitasi pelaksanaan UNBK. Kata dia, untuk peserta ujian di sekolahnya hanya menjalani ujian dua sesi yaitu pagi dan siang. Sementara untuk sekolah lain malah sampai tiga sesi karena komputer masih minim.

“Komputer kami di sini sangat memadai. Dalam satu kelas mencapai 38 unit komputer. Makanya kami akan pinjamkan ke sekolah lain seperti SMP yang akan menggelar ujian nantinya. Ada juga beberapa SMA yang kami akan fasilitasi,” terangnya.

Meski demikian, satu hal penting yang sangat dikhawatirkan pihaknya saat pelaksanaan UNBK adalah listrik padam.

“Kami sudah lakukan rapat di provinsi terkait kerjasama yang baik antara pihak sekolah dan PLN. Diknas provinsi menyurat ke seluruh PLN di 17 kabupaten/kota agar bisa memaksimalkan arus listrik saat UNBK sedang berlangsung,” kata Sabri.

Diakuinya, pelaksanaan UNBK ini sangat menghemat anggaran. Mulai dari distribusi soal hingga pengawasannya.

Sabri juga memberi pesan kepada seluruh siswa SMP yang bakal menggelar UNBK untuk pertama kalinya di wilayah Bombana.

“Ada empat SMP yang akan menjani UNBK. Jadi, saya harap jangan panik, pengisian soal cukup mudah karena tinggal dibaca baik-baik dan mana yang menurut kita benar tinggal klik saja, dan semua sudah dipersiapkan,” tutup Sabri. (B)

 


Reporter : Muhammad Jamil
Editor : Jumriati

Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here