iklan zonasultra

144 Nasabah UMKM BPR Bahteramas Konawe Dapat Bantuan Covid-19

144 Nasabah UMKM BPR Bahteramas Konawe Dapat Bantuan Covid-19
PENYERAHAN BANTUAN- Wakil Bupati Konawe Gusli Topan Sabara didampingi Direktur Utama (Dirut) BPR Bahteramas Konawe dan Kabag Investasi Biro Admnistrasi Perekonomian Setda Provinsi Sultra Wawan Arianto saat menyerahkan secara simbolis bantuan Covid-19 dari Pemerintah Provinsi Sultra kepada perwakilan nasabah BPR Bahteramas Konawe, Kamis (13/8/2020) di Pelataran Kantor BPR Bahteramas Konawe di Unahaa. (Foto : Istimewa)

ZONASULTRA.COM,KENDARI– Sebanyak 144 nasabah UMKM Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Bahteramas Konawe mendapatkan bantuan sembako dampak Covid-19 dari Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

Kabag Investasi Biro Admnistrasi Perekonomian Setda Provinsi Sultra Wawan Arianto mengatakan, besaran setiap paket sembako yang diberikan kepada nasabah tersebut sekitar Rp400 ribu. Ia menyebutkan, sumber dana bantuan tersebut dari refocusing APBD 2020 yang melekat di Biro Admnistrasi Perekonomian dan memang diperuntukan untuk seluruh nasabah 12 BPR Bahteramas se-Sultra yang terdampak covid-19.

Ia merincikan total penerima bantuan tersebut 1.250 nasabah dengan total anggaran Rp500 juta. Tahap awal pihaknya telah menyerahkan bantuan untuk nasabah BPR Bahteramas Kendari sebanyak 104 nasabah dan BPR Bahteramas Konawe merupakan tahap kedua. Selajutnya nasabah 10 BPR Bahteramas lainnya di Sultra juga akan mendapatkan bantuan tersebut.

“Ini bagian dari perhatian bapak Gubernur Sultra kepada para pelaku UMKM. Apalagi BPR Bahteramas ini adalah bank milik daerah yang tentunya harus tetap dibantu oleh pemerintah di tengah pandemi Covid-19 ini,” ungkap Wawan.

Ia berharap dengan adanya bantuan ini, para penerima bantuan dapat terus menjalankan usahanya serta mampu memulihkan kondisi usahanya. Menurutnya, para nasabah UMKM dari BPR Bahteramas ini merupakan penggerak ekonomi di desa dan kota yang banyak menyerap tenaga kerja lokal dan dampak pemulihan ekonominya cukup luas dan strategis.

Selain itu, Pemprov juga menilai BPR Bahteramas mampu mendukung UMKM dalam penyertaan modal usaha. Sebab, pada tahun 2019 dari total penyaluran kredit Rp301 miliar sebesar 80 persen merupakan sektor UMKM atau senilai Rp240 miliar.

144 Nasabah UMKM BPR Bahteramas Konawe Dapat Bantuan Covid-19Wakil Bupati Konawe Gusli Topan Sabara mengapersiasi penyerahan bantuan tersebut, menurutnya dukungan terhadap para pelaku UMKM menjadi hal penting karena sebagian besar penggerak ekonomi suatu daerah berasal dari UMKM. Bantuan ini pun dinilai tepat karena kondisi pandemi Covid-19 banyak yang membuat usaha para pelaku UMKM terpuruk.

Sementara itu, Direktur Utama (Dirut) BPR Bahteramas Konawe Ahmat mengatakan, penyerahan bantuan secara simbolis diberikan langsung oleh Wakil Bupati Konawe Gusli Topan Sabara, Kamis (13/8/2020) di Pelataran Kantor BPR Bahteramas Konawe di Unahaa. Kata dia, penerima bantuan ini adalah nasabah yang terkena dampak Covid-19.

“Ini bentuk dukungan dari Pemerintah Provinsi Sultra kepada BPR Bahteramas Konawe,” ungkap Ahmat melalui sambungan telepon seluler.

Ahmat beraharap, dengan adanya bantuan ini para nasabah tersebut tetap mampu bertahan dan memulihkan kondisi perekonomian usahanya di tengah penerapan new normal. Pemberian bantuan ini tidak diberikan sekaligus kepada 144 nasabah karena nasabah lainnya akan diantarkan (door to door).

Ia juga menegaskan, bahwa saat ini BPR Bahteramas Konawe terus melakukan penguatan, pendampingan serta pelatihan kepada seluruh nasabahnya terutama mereka pelaku UMKM yang mengambil kredit produktif di BPR Bahteramas Konawe serta yang telah menerima penagguhan kredit melalui kebijakan restrukturisasi kredit oleh pemerintah.

Untuk diketahui, dalam kegiatan ini dihadiri Kadis Kesehatan Kabupaten Konawe, Sekretaris Tim Gugus Tugas Covid-19 Konawe, Biro Administrasi dan Perekonomian Setda Sultra serta Direktur Operasional BPR Bahteramas Konawe Syahrir.

 


Editor: Ilham Surahmin

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib