iklan zonasultra

17 Juli, Peserta Lelang Jabatan di Baubau Ikut Asesmen

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Baubau, H. Asmaun
Asmaun

ZONASULTRA.COM, BAUBAU – Sebanyak 57 orang peserta lelang jabatan eselon II, setingkat kepala dinas dan kepala badan, Pemerinta Kota (Pemkot) Baubau, Sulawesi Tenggara (Sultra) akan mengikuti Asesmen 17 Juli. Di kota Makassar mereka akan diperiksa tim asesor dari Lembaga Administrasi Negara (LAN).

57 peserta lelang itu lulus tahapan admistrasi yang diumumkan pada 29 Juni 2019 lalu. Mereka akan memperebutkan 11 jabatan kepala dinas serta kepala badan di Kota Baubau.

Diantaranya Dinas Pertanian, Dinas Pekerjaan Umum, Dinas Perumahan Rakyat, Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah, Badan Penelitian dan Pengembangan, Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional.

iklan zonasultra

Baca Juga : 57 Peserta Lelang Jabatan Eselon II Pemkot Baubau Lolos Seleksi

“Jadi paling lambat mereka, peserta lelang jabatan harus berangkat tanggal 16 Juli,” jelas Kepala Badan Kepegawaian dan Pembangunan Sumberdaya Manudmsia (BKPSDM), Asmaun di kantornya, Selasa (9/7/2019).

Alasan Pemkot Baubau sendiri melakukan asesmen di Kota Makassar untuk efektivitas tim asesor LAN sendiri. Menurut Asmaun, akan lebih leluasa melakukan asesmen di Kota Makassar dibanding di Kota Baubau.

“Karenakan yang akan dilakukan asesmen itu bukan kita saja (Kota Baubau). Ada juga daerah lain. Sehingga kalau tim asesor itu kita datangkan di Baubau maka hanya akan memperlambat kerja mereka,” tambahnya.

Setelah dilakukan asesmen selama tiga hari di Kota Makassar, para peserta lelang jabatan akan pulang untuk mengikuti tes wawancara oleh panita seleksi (pansel). Hasil dari asesmen dan pansel inilah yang akan digabungkan untuk diajukan ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN).

Baca Juga : Kejari Baubau Warning Pemkot Soal Lelang Jabatan

“Setelah itu KASN akan memilih tiga beser dari peserta berdasarkan jabatan yang mereka inginkan. Untuk diberikan kepada (Pejabat Pembuat Komitmen) PPK. Mereka (PPK) lah yang akan menentukan kelayakan peserta lelang nantinya,” papar Asmaun.

Asmaun mengaku, tidak tahu menahu dengan kriteria yang telah ditetapkan oleh PPK untuk melakukan penilaian kepada peserta lelang jabatan. Dia optimistis, PPK adalah lembaga independen yang punya integritas untuk itu.

BPKSDM Kota Baubau sendiri sudah mengumumkan nama-nama dari peserta lelang sendiri. Dari data tersebut, diketahui ada dua eselon II yang ikut lelang jabatan Pemkot Baubau.

Keduanya merupakan Kepala Dinas di Kabupaten Buton dan Wakatobi. Namun Asmaun tidak tahu persis dinas mana tempat mereka bertugas sebelumnya.(b)

 


Penulis : M6
Editor : kiki

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib