iklan zonasultra

15 Orang Positif Covid-19 di Buteng Belum Dievakuasi

Ilustrasi corona
Ilustrasi

ZONASULTRA.COM, LABUNGKARI – Lima belas warga Kabupaten Buton Tengah (Buteng), Sulawesi Tenggara (Sultra) yang dinyatakan positif Covid-19, Jumat (15/5/2020) sore tadi belum dievakuasi. Saat ini mereka masih berada di rumah masing-masing.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Buteng, Kasman mengatakan, setelah berdiskusi dengan tim gugus tugas setempat diputuskan belum dilakukan evakuasi. Mereka baru akan dievakuasi ke RSUD Buteng, Sabtu (16/5/2020) besok.

“Kita diskusikan dulu, karena kan ini kita juga baru dapat laporannya. Kan mereka semua (15 warga positif Covid) orang tanpa gejala (OTG),” terangnya lewat panggilan telepon, Jumat (15/5/2020) malam.

Menurut Kasman, 15 orang itu tiba di Kabupaten Buteng dari perantauan sekira awal hingga pertengahan April 2020. Para pasien sendiri adalah klaster KM Lambelu, KM Dorolonda, dan KM Ngapulu.

“Mereka sudah menjalani karantina di desa masing-masing. Ada yang tempat karantina disiapkan oleh desa, ada juga yang melakukan karantina mandiri di rumah masing-masing,” ungkapnya.

Kasman melanjutkan, swab tenggorokan 15 pasien ini dikirim ke laboratorium bersama 26 orang lainnya yang rapid testnya juga dinyatakan reaktif. Rapid test itu hasil penelusuran di Kecamatan Gu, Lakudo, dan Mawasangka.

“Rapid testnya kita lakukan sekira dua minggu lalu. Ada 26 orang yang reaktif, langsung kita laporkan ke provinsi. Hari ini kita baru dapat hasilnya 15 orang dinyatakan positif Covid-19, sisanya masih menunggu hasil laboratoriumnya,” jelas Kasman.

Dengan adanya 15 pasien terkonfirmasi positif, Kabupaten Buteng telah dipetakan sebagai zona merah wilayah penyebaran Covid-19.

Oleh karena itu Kasman meminta warga agar senantiasa waspada dan menjaga jarak aman. (b)

 


Kontributor: Risno Mawandili
Editor: Jumriati

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib