iklan zonasultra

15 Pendaki Tersesat di Gunung Mekongga

15 Pendaki Tersesat di Gunung Mekongga
TERSESAT - Sebanyak 15 orang dari sejumlah Komunitas Pencinta Alam dikabarkan tersesat di Gunung Mekongga, Kabupaten Kolaka Utara (Kolut), Sulawesi Tenggara (Sultra), Senin (29/4/2019). (Foto : Istimewa)

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Sebanyak 15 orang dari sejumlah Komunitas Pencinta Alam dikabarkan tersesat di Gunung Mekongga, Kabupaten Kolaka Utara (Kolut), Sulawesi Tenggara (Sultra), Senin (29/4/2019). Tiga orang dari 15 itu telah turun melapor sehingga di gunung tersisa 12 orang.

Para mahasiswa itu dikabarkan tersesat saat tengah melakukan ekspedisi Hutan Gunung Mekongga, yang dilaksanakan sejak 23 April 2019 lalu.

Kepala Basarnas Kendari, Djuanedi menjelaskan, pihaknya pertama kali mendapatkan laporan dari salah satu pegawai Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kolut, sekira pukul 08.45 wita, Senin (29/4/2019).

iklan zonasultra

“Kita menerima informasi pertama kali dari pak Tahir, anggota BPBD Kolut. Bahwa telah terjadi musibah yang membahayakan jiwa manusia, 15 orang pendaki tersesat di Gunung Mekongga, sekira pukul 03.36 wita dini hari tadi,” ungkapnya.

(Baca Juga : Alami Hiportemia dan Kehabisan Logistik, Dua Pendaki Gunung Mekongga Meninggal)

Para korban awalnya malakukan ekspedisi Hutan Gunung Mekongga. Namun karena cuaca buruk, serta hujan yang turun sejak beberapa hari terakhir membuat kondisi fisik 15 orang pendaki tidak stabil.

“Juga ada salah satu pendaki, atas nama Cindi (18) mengalami hypotermia akibat kelelahan, dan cuaca hujan yang berlangsung terus menerus beberapa hari ini di lokasi kejadian. Sementara tiga orang pendaki lainnya turun untuk melaporkan hal itu,” terangnya.

Djuanedi menambahkan, masyarakat sekitar lokasi pun sudah melakukan pencarian awal terhadap para pendaki yang diduga tersesat. Namun, hingga saat ini belum berhasil ditemukan.

(Baca Juga : Sejarah dan Misteri Terbentuknya Gunung Mekongga Sulawesi Tenggara)

Usai mendapat laporan tersebut, sekira pukul 08.55 Wita, tim Basarnas Kendari pun langsung menuju tempat kejadian musibah (TKM) dengan menggunakan satu unit rescue car dengan membawa peralatan pendukung lainnya untuk memberikan bantuan SAR. (C-)

Adapun nama-nama korban yang masih dalam pencarian yakni:
  1. Sarifa/Perempuan/18 tahun
  2. Ahmad Mambulo/laki-laki/23 tahun
  3. Asep Sunardi/laki-laki/23tahun
  4. Irfan/laki/24 tahun
  5. Cindy/perempuan/18 tahun (hypothermia)
  6. Samsul/laki-laki/22 tahun
  7. Gunawan/laki-laki/23 tahun
  8. David/laki-laki/27 tahun
  9. Arul/laki/-laki19 tahun
  10. Kharisma/laki-laki
  11. Riska/perempuan/19 tahun
  12. Mahmudin/laki-laki/19 tahun
Sementara 3 orang yang turun melapor yakni:
  1. Nasrun/laki-laki/28 tahun
  2. Aswanto/laki-laki/21 tahun
  3. Iswan/laki-laki/20 tahun

 


Reporter: Randi Ardiansyah
Editor: Muhamad Taslim Dalma

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib