iklan zonasultra

152 TKA yang Tiba di Morosi Diperiksa Kesehatannya

152 TKA yang Tiba di Morosi Diperiksa Kesehatannya
TKA CHINA - Sebanyak 152 tenaga kerja asing (TKA) asal China yang baru tiba di Moros, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra) menjalani pemeriksaan kesehatan, Kamis (25/6/2020). (Foto : Istimewa)

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Sebanyak 152 tenaga kerja asing (TKA) asal China yang baru tiba di Moros, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra) menjalani pemeriksaan kesehatan.

Sekretaris Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Konawe Samsul menjelaskan, pemeriksaan dilakukan untuk memastikan para TKA yang datang bekerja bebas dari penyakit menular berbahaya.

Iklan Zonasultra

“Jadi kami datang ke sini, untuk melaksanakan peraturan daerah (Perda) nomor 13 tahun 2018. Dan peraturan gubernur (Pergub) nomor 29 tahun 2019, untuk kita aktualisasikan,” ujar Samsul, kepada awak media, Kamis (25/6/2020).

Ia menyebutkan, pemeriksaan penyakit menular itu seperti HIV/ AIDS, Hepatitis serta penyakit Paru dan penyakit menular berbahya lainnya.

Akan tetapi Dinkes Konawe tidak melakukan pemeriksaan rapid test terhadap ratusan TKA tersebut. Karena mereka telah menjalani pemeriksaan rapid test covid-19 yang dilakukan tim Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) di Bandara Sam Ratulangi, Manado, Sulawesi Utara (Sulut).

“Kami tidak melakukan pemeriksaan Covid-19, karena kami sudah di koordinasikan oleh KPP. Bahwa sudah di lakukan pemeriksaan di Manado,” katanya.

Dalam proses pemeriksaan itu, Dinkes Konawe dibantu 9 orang tenaga kesehatan analis, 10 orang perawat serta 4 orang tim logisitik. Pemeriksaan dilakukan di dalam kawasan perusahaan.

Sebelumnya, 152 TKA asal China tiba di Bandara Haluoleo Kendari, Selasa (23/6/2020) malam. Ratusan TKA itu di dampingi 4 orang tenaga medis, dan langsung di bawa menuju perusahaan dengan pengawalan ketat dari TNI/Polri. (a)

 


Reporter: Randi Ardiansyah
Editor: Ilham Surahmin

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib