iklan zonasultra

165 KK di Konut Dapat Bantuan Rehabilitasi Rumah

Kepala Dinas Sosial Konut Nafsahu
Nafsahu

ZONASULTRA.COM,WANGGUDU-Sebanyak 150 Kepala Keluarga (KK) di Kabupaten Konawe Utara (Konut), Sulawesi Tenggara (Sultra), mendapat bantuan rehabilitasi rumah dari Kementerian Sosial (Kemensos). Donasi tersebut merupakan program Rehabilitasi Sosial Rumah Tidak Layak Huni (RS-Rutilahu).

Kepala Dinas Sosial Konut, Nafsahu mengatakan, bantuan tersebut tersebar di 6 desa antara lain, Desa Awila Mandiodo, Tapunggaya, Waworaha, Lametono, dan Desa Lalowaru. Adapun sumber dananya melalui Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) pusat senilai ratusan juta rupiah.

“Pembagiannya ke masyarakat ini bukan dari Pemerintah Konut yang tentukan. Bantuan berdasarkan BDT Basis Data Terpadu (BDT) dari Pusdatin Kemensos, kami pihak pemerintah hanya melakukan koordiansi, komunikasi dan mengawal agar bantuannya dapat kita peroleh untuk masyarakat,” kata mantan Kadis Damkar Konut ini dikonfirmasi, Jumat (17/5/2019).

Dijelaskan Nafsahu, santunan itu akan direalisasikan sekitar antara bulan Juni-Juli. Dengan sistem pemberian dana tunai memlalui rekening masing-masing penerima bantuan senilai Rp 15 juta per KK. Untuk mempermudah proses penyaluran bantuan, para penerima dibagi dalam bentuk kelompok.

“Tentunya harapan kami, bantuan yang diperoleh nanti dapat dimafaatkan sebaik-baiknya. Ini upaya pemrintah untuk dapat meringankan beban ekonomi masyarakat Konut. Kami masih terus berkoordinasi lagi di pemerintah pusat untuk bantuan-bantuan masyarakat lainnya,”ujarnya.

Sementara itu, Kabid Pemberdayaan Pelayanan dan Resos, Abdul Razak mengungkapkan, pihaknya juga telah menyalurkan bantuan bedah rumah di 15 KK yang tersebar di 13 kecamatan wilayah itu. Bantuannya, berupa bahan bangunan atap lantai dan dinding (aladin) senilai Rp 10 juta. Sumber dana melalui Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Konut.

Dia menambahkan, segala bantuan yang telah disalurkan di masyarakat mendapat pengawalan dari pihak Dinsos Konut. Hal itu dilakukan agar prosesnya benar-benar berjalan baik, tepat sasara dan sesuai mekanisme aturannya. (a)

 


Reporter : Jefri Ipnu
Editor : Kiki

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib