iklan zonasultra

17.751 Warga Konawe Terima Bansos Rastra Gratis

17.751 Warga Konawe Terima Bansos Rastra Gratis
BANSOS RASTRA - Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa bersama Plt Perum Bulog Subdivre Unaaha, Nurdin (tengah, Kacamata) saat melauncing penyaluran bansos Rastra 2018, Selasa (22/1/2018) di Kantor Camat Pondidaha. (Dedy Finafiskar/ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA.COM, UNAAHA – Sebanyak 17.751 warga di Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra) yang tercatat sebagai Keluarga Penerima Manfaat (KPM) menerima Bantuan Sosial (Bansos) Beras Sejahtra (Rastra) atau pengganti program Beras Miskin (Raskin) secara gratis.

Penyaluran beras kepada puluhan ribu warga itu dilakukan secara simbolis dalam launcing penyaluran Bansos Rastra 2018 oleh Pemerintah Daerah (Pemda) Konawe bersama Perum Bulog Subdivre Unaaha di Kantor Camat Pondidaha, Senin (22/1/2018).

Pelaksana Tugas (Plt) Perum Bulog Subdivre Unaaha Nurdin mengatakan, penyaluran Bansos Rastra berdasarkan Keputusan Menteri Sosial (Mensos) nomor 09/HUK/2018 tanggal 10 Januari 2018 tentang penyaluran beras bagi masyarakat berpendapatan rendah, serta telah diterbitkan juga perintah penyaluran bantuan untuk alokasi bulan Januari 2018 oleh Kemensos RI dengan nomor 46/PFM.PPK&PAN/01/2018 tanggal 15 Januari.

iklan zonasultra

“Sehingga dengan intruksi tersebut, Perum Bulog Subdivre Unaaha berkewajiban untuk menyalurkan bansos ke titik Distribusi (TD) peralokasian bulan,” terangnya.

Nurdin merinci, dari 17 ribu warga penerima Bansos di Konawe, jatah bansos 13.540 KPM diantaranya disalurkan oleh Perum Bulog Subdivre Unaaha dengan jumlah bantuan sebanyak 135.400 kilogram (Kg) yang tersebar di 270 titik distribusi. Dan khusus untuk acara launcing di Pondidaha, pihaknya menyalurkan 8.550 kg kepada 855 KPM di 18 titik lokasi.

Sedangkan selisih dari jumlah penerima itu akan disalurkan oleh Perum Bulog Subdivre Kendari sebesar 3.348 KPM yang ada di 7 kecamatan lainnya.

“Dan dalam pelaksanaan kegiatan ini terdapat tujuh Kecamatan di Konawe, yakni Kecamatan Soropia, Sampara, Kapoiala, Lalonggasumeeto, Bondoala, Anggalomoare, dan Morosi, yang masuk dalam pelayanan atau penyaluran gudang Bulog Punggaloba, Kendari, sebanyak 3.348 KPM dengan jumlah bantuan 33.480 kg,” paparnya.

Dikatakannya, saat ini stok beras di Bulog Unaaha tersimpan sebanyak 2.760 ton. Jumlah tersebut diyakini dapat menyanggah ketahanan stok Konawe lebih dari 12 bulan alokasi.

“Kami siap untuk mensukseskan pemenuhan kebutuhan dasar bagi masyarakat tidak mampu melalui bansos pangan dengan jatah per-KPM sebesar 10 kg dan tanpa dikenakan biaya sesuai dengan jatah penerima manfaat,” tandasnya. (B)

Reporter : Dedi Finafiskar
Editor : Abdul Saban

Loading...

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib