iklan zonasultra

17 Wajah Baru Dominasi Kursi di Parlemen Bombana

17 Wajah Baru Dominasi Kursi di Parlemen Bombana
PLENO KPU - Hasil pleno rekapitulasi KPU Bombana untuk DPRD kabupaten/kota. Sebanyak 17 pendatang baru mendominasi dan 8 incumbent masih tetap bertahan di kursi parlemen DPRD Bombana periode 2019-2024. (MUHAMMAD JAMIL/ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA.COM, RUMBIA – Proses rekapitulasi perhitungan suara pemilihan legislatif (pileg) 2019 di Kabupaten Bombana, Sulawesi Tenggara (Sultra) telah tuntas, Senin (6/5/2019). Hasilnya, 17 figur pendatang baru mendominasi 25 kursi di DPRD Bombana periode 2019-2024.

Berdasarkan hasil rekapan KPU setempat, para pendatang baru ini mampu menumbangkan beberapa petahana yang masih ikut mencalonkan diri di periode ini hingga menyisakan delapan orang saja incumbent.

Dari 10 partai politik yang berhasil meraih kursi di parlemen, Partai Nasional Demokrat (NasDem) dan Partai Amanat Nasional (PAN) berhasil meraup suara tertinggi sekaligus kursi terbanyak dengan perolehan masing-masing satu kursi di setiap dapil alias lima dapil di DPRD Bombana.

iklan zonasultra

Baca Juga : KPU Bombana Mulai Rapat Pleno Rekapitulasi Pemilu 2019

Partai NasDem yang mengandalkan empat wajah baru dan satu orang petahana di dapil II Poleang Utara unggul dengan perolehan 13.643 suara. PAN berada di posisi kedua dengan raihan 12.767 suara, tiga orang incumbent di dapil 1 (Rumbia) satu orang, dapil IV Rarowatu satu orang, dan dapil V (Kabaena) satu orang.

Pendatang baru juga menghiasi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang memperoleh suara ketiga terbanyak dengan total 6.282 suara. PKB meraih tiga kursi di dapil II, dapil IV, dan dapil V.

Partai Gerindra memperoleh 6.246 suara di tiga dapil yakni dapil I, II dan III. Satu di antara mereka merupakan petahana yang bertarung di dapil I Rumbia.

Selanjutnya Partai Golkar berada di posisi kelima dengan raihan 4.119 suara yang juga atas kemenangan calegnya di dapil III dan dapil V. Pendatang baru unggul di dapil III Poleang dan wajah lama menang di dapil V Kabaena.

Baca Juga : KPU Kolaka Mulai Rapat Pleno Rekapitulasi Penghitungan Suara

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) memperoleh 3.433 total suara hanya di dapil I dan II. Dua kursi itu pun diraih oleh pendatang baru. Lalu Partai Persatuan Pembangunan (PPP) meraih 2.668 suara dengan perolehan dua kursi atas kemenangan konstituen pendatang baru di dapil I dan petahana di dapil V.

Sementara tiga partai lainnya yakni Partai Hanura, Partai Keadilan Sejahtera dan Partai Domokrat hanya memperoleh masing-masing satu kursi di parlemen. Partai Hanura berhasil meraih 2.467 suara yang diperkuat oleh kemenangan konstituen pendatang baru di dapil III Poleang yang mendapat suara sebanyak 993.

Sementara satu-satunya konstituen wajah baru di dapil III berhasil memenangkan satu kursi untuk PKS atas perolehan 688 suara dari total 2.008 suara partai. Kemudian, satu-satunya petahana di Partai Demokrat berhasil meraih kursi di dewan atas perolehan 889 suara caleg dan 1.550 suara partai.

17 Wajah Baru Dominasi Kursi di Parlemen Bombana

Dalam perhelatan pemilu kali ini, lima partai harus gugur tak mendapat satu pun kursi di DPRD Bombana. Partai yang dimaksud yaitu PBB, PKPI, PSI, Perindo, dan Berkarya.

Baca Juga : Jokowi-Ma’ruf Kalah di TPS Bupati Bombana

Ketua KPU Bombana Aminuddin mengatakan, pleno rekapitusi KPU tingkat Kabupaten Bombana telah dilaksanakan sejak 1-6 Mei 2019. Ia berharap, seluruh peserta pemilu mampu menerima hasil keputusan tersebut.

“Intinya yang menang jangan jemawa, yang kalah pula sebaiknya menerima kekalahan itu. Jika memang keberatan dengan hasil ini, silakan ditindaklanjuti dengan tetap merujuk pada landasan konstitusi atau jalur hukum,” ujar Aminuddin. (b)

 


Kontributor : Muhammad Jamil
Editor : Jumriati

Loading...

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib