iklan zonasultra

185 Mahasiswa IAIN Kendari Disiapkan Ikut PPL

185 Mahasiswa IAIN Kendari Disiapkan Ikut PPL
FOTO BERSAMA - Sebanyak 185 mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari akan mengikuti kegiatan Praktik Pengenalan Lapangan (PPL) selama 40 hari, di 51 kantor pemerintah dan swasta yang tersebar di Kota Kendari, Konawe Selatan dan Kolaka. (Foto : Istimewa)

ZONASULTRA.COM,KENDARI– Sebanyak 185 mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari akan mengikuti kegiatan Praktik Pengenalan Lapangan (PPL) selama 40 hari, di 51 kantor pemerintah dan swasta yang tersebar di Kota Kendari, Konawe Selatan dan Kolaka.

Rektor IAIN Kendari Fazah Binti Awad mengatakan mulai 6 Januari 2020. Mereka akan melaksanakan praktik ini pada 51 kantor pemerintah dan swasta antara lain yang tersebar di kota Kendari, Konawe Selatan dan Kolaka.

“Beberapa di antaranya merupakan institusi yang baru kali ini menjadi lokasi PPL mahasiswa FEBI seperti PT Antam Pomalaa dan BPKAD di Kabupaten Kolaka,” ujar Rektor IAIN Kendari Fazah Binti Awad.

iklan zonasultra

Sementara instusi lainnya pada umumnya sudah menjadi langganan pelaksanaan PPL seperti Bank Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan, Kantor KPP Pratama Kendari, Dirjen Perbendaharaan Negara, beberapa bank dan lembaga keuangan nonbank.

(Baca Juga : IAIN Kendari Dapat Bantuan Satu Unit Kendaraan Operasional)

Untuk mencapai target yang diharapkan, peserta PPL mengikuti kegiatan pembekalan yang dilaksanakan di aula fakultas, Sabtu 4 Januari 2020. Rektor IAIN Kendari Fazah Binti Awad, saat membuka kegiatan pembekalan PPL berpesan kepada mahasiswa agar memanfaatkan kegiatan ini sebagai sarana untuk menambah wawasan dunia kerja, mengenal budaya kerja serta mengimplementasikan ilmu yang diperoleh selama lima semester.

Tahun ini untuk pertama kalinya lokasi PPL mahasiswa FEBI telah mengambil lokasi di luar Kota Kendari. Dekan FEBI, Rusdin Muhalling, mengatakan, keputusan untuk memperluas lokasi PPL ini dalam rangka membangun sinergitas dengan mitra FEBI di luar kota Kendari.

“Kita perlu membangun networking yang lebih luas dalam rangka meningkatkan kualitas kelembagaan serta kontribusi pengabdian kepada masyarakat. Harapannya, mahasiswa yang mengikuti PPL ini dapat melaksanakan tugasnya dengan baik dan memberi kesan positif terhadap para mitra kami agar ke depan lokasi PPL bisa kita lebarkan lagi ke daerah lain,” jelasnya.

(Baca Juga : IAIN Kendari Luncurkan Aplikasi SISTER)

Lebih lanjut Ia memaparkan, untuk tahun 2021 mendatang pihaknya akan memperkenankan mahasiswa memilih lokasi PPL sendiri dengan syarat memperoleh izin dari kantor yang dituju. Kebebasan memilih ini terkait dengan penyesuaian minat dan bakat mahasiswa dalam mencari pengalaman kerja untuk kepentingan karir mereka kelak setelah lulus kuliah.

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam memiliki dua program studi yaitu Perbankan Syari;ah dan Ekonomi Syari’ah. Kegiatan PPL ini juga diharapkan dapat membuka jaringan kerja bagi mahasiswa serta memperkenalkan FEBI kepada institusi pemerintah dan swasta dalam rangka mempermudah jaringan kerja di masa yang akan datang.

Sebelum mengikuti PPL, mahasiswa FEBI telah dibekali pengalaman magang pada semester III sehingga pada saat mengikuti kegiatan ini mereka lebih mudah beradaptasi di lingkungan kerja. (B)

 


Penulis: M1
Editor: Muhamad Taslim Dalma

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib