iklan zonasultra

2.720 Kartu ATM Berlogo GPN Telah Tersalurkan di Sultra

ilustrasi atm gpn
Ilustrasi

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) Sulawesi Tenggara (Sultra) mencatat sudah ada 2.720 kartu ATM berlogo Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) yang tersalurkan kepada para nasabah perbankan sejak resmi dilaunching pada 29 Juli 2018 lalu.

Kepala KPw BI Sultra Minot Purwahono mengatakan, data pendistribusian kartu ATM berlogo GPN ini berasal dari 10 bank yang ada di Sultra.

Kesepuluh bank tersebut adalah Bank Rakyat Indonesia (BRI), Bank Negara Indonesia (BNI), Bank Mandiri, Bank Sultra, CIMB, Bank Syariah Mandiri (BSM), Bank Muamalat, BRI Syariah, Bank Tabungan Negara (BTN), dan Bank Central Asia (BCA).

“Target kita 2.500 kartu, alhamdulilah ini bisa lebih dan kami berharap semua warga Sultra bisa segera memiliki kartu ATM berlogo GPN,” ungkap Minot Purwahono kepada zonasultra.com, Rabu (15/8/2018).

Penetapan kartu berlogo GPN ini diatur dalam Peraturan Bank Indonesia No.19/8/PBI/2017 tentang Gerbang Pembayaran Nasional/National Payment Gateway.

Salah satu poin menjelaskan bahwa BI menetapkan kebijakan branding nasional yang terdiri atas logo nasional, perluasan akseptasi (penerimaan) nasional, dan kewajiban pemrosesan domestik.

BI Sultra mencatat, jumlah rekening tabungan di Sultra saat ini mencapai 2.412.929 rekening. Dari data itu, 30 persen ditargetkan hingga akhir tahun setiap pemilik rekening tabungan mempunyai minimal satu kartu ATM berlogo GPN.

Minot pun berharap agar masyarakat dapat memiliki kesadaran untuk segera menukarkan kartu ATM pada gerai yang telah disiapkan atau langsung ke bank masing-masing. Apalagi pengurusannya tidak mengeluarkan biaya alias gratis. (B)

 


Reporter: Ilham Surahmin
Editor: Jumriati

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib