iklan zonasultra

2017, Dana BOS Sultra Naik Rp. 586 Miliar

kepala-dinas-pendidikan-dan-kebudayaan-kadis-dikbud-provinsi-sulawesi-tenggara-sultra-damsid
Damsid

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Anggaran dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) tahun 2017 ini terjadi peningkatan jika dibanding sebelumnya. Tahun 2016 lalu, dana BOS yang dikelola Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Sultra sebesar Rp. 568 miliar, maka tahun 2017 mencapai Rp. 586 miliar atau terjadi kenaikan sebesar Rp. 18 miliar.

kepala-dinas-pendidikan-dan-kebudayaan-kadis-dikbud-provinsi-sulawesi-tenggara-sultra-damsid
Damsid

Hal ini dikatakan oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Sultra Damsid, saat ditemui di kantor gubernur, Kamis (5/1/2017).

“Untuk 2017 dana BOS perubahannya tidak terlalu signifikan, karena sudah ada patokannya. Kalau untuk SMA itu Rp. 1,4 juta per murid. Sekarang yang ada sama kita itu Rp. 586 miliar tapi itu sudah dengan SD, SMP, SMA, dan SMK. Itu semua dana BOS ada di provinsi, tinggal kita distribusikan ke sekolah-sekolah,” ungkapnya.

Dengan penambahan anggaran sampai Rp. 586 miliar pada tahun anggaran 2017 ini, Dikbud optimis dapat meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan di Sultra. Pihak sekolah diharapkan benar-benar mampu melakukan pengelolaan anggaran dengan optimal, dan tentunya sesuai aturan.

Ditanyai mengenai bagaimana pendistribusian anggaran dana BOS pada triwulan pertama, Damsid mengatakan, pihaknya saat ini masih melakukan penyelesaian proses administrasi dalam proses pencairan dan transfer dana BOS ke kabupaten/kota di Sultra.

“Untuk proses pendistribusiannya untuk triwulan pertama, kita sekarang masih menyiapkan administrasinya dulu. Mungkin bisa saja sampai Rp. 150 miliar untuk triwulan pertama ini akan disalurkan,” tandasnya. (B)

 

Reporter : Ramadhan Hafid
Editor : Kiki

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib