2019, Kemitraan Indonesia-Australia Bangun Jalan di Sultra

255
2019, Kemitraan Indonesia-Australia Bangun Jalan di Sultra
PERJANJIAN HIBAH - Indonesia - Australian Partnership (Kemitraan Indonesia-Australia) telah memastikan akan membangun sejumlah ruas jalan yang ada di provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) di tahun 2019 nanti. (Randi Ardiansyah/ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Indonesia – Australian Partnership (Kemitraan Indonesia-Australia) telah memastikan akan membangun sejumlah ruas jalan yang ada di provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) di tahun 2019 nanti.

Program hibah itu berhasil diperoleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sultra melalui kerjasama pemerintah pusat (Bappenas, Kemendagri, Kementerian PUPR dan Kementerian Keuangan).

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga Sultra, Rundubeli Hasan mengatakan kepastian pelaksanaan program itu diketahui setelah Gubernur Ali Mazi menandatangani nota kesepahan tentang pengalokasian program hibah jalan bersama empat provinsi lainnya, yakni Jawa Timur, Kepulauan Riau dan Nusa Tenggara Barat (NTB) di Jakarta, Rabu (12/12/2018) lalu.

BACA JUGA :  Kapolda Sultra Ingatkan Jajaran untuk Profesional dan Netral di Pemilu

Rundubeli mengaku sangat bersyukur bisa menjadi salah satu dari empat provinsi di Indonesia yang dipercaya melaksanakan program hibah Pemerintah Australia itu.

“Kita sangat bersyukur, apalagi ini bertujuan untuk mendorong dan mendukung Program Strategi Nasional yang ada di Sultra. Dari program ini kita diberikan alokasi anggaran sebesar Rp 83 miliar dan akan dilaksanakan tahun 2019,” katanya, Sabtu (15/12/2018).

Menurutnya, program hibah daerah akan dilelang pada Januari 2019. Setelah dilakukan lelang, maka kontrak akan dilakukan. Sehingga pekerjaan fisik infrastruktur akan diupayakan berjalan pula di bulan Januari.

BACA JUGA :  Wakapolda Sultra Cek Kesiapan Operasi Lilin Anoa 2023

Saat ini, lanjutnya, pihaknya tengah melakukan bimbingan teknis semua Unit Layanan Pengadaan (ULP) Barang Jasa dalam mempersiapkan pelaksanaan lelang program hibah daerah dimaksud. Para ULP mendapatkan materi dari pihak Kementerian PUPR, Kemendagri dan Pemerintah Australia.

Diketahui, program hibah tersebut sebagian lokasinya ada di kabupaten Wakatobi sepanjang 16 kilometer untuk pembangunan jalan baru. Sedangkan 60 kilometer lainnya untuk rehabilitasi dan pemeliharaan. (B)

 


Reporter: Randi Ardiansyah
Editor: Abdul Saban

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini