2019 Pemda Buton Target, Festival Budaya Tua Buton Masuk Kalender 100 Wonderful Indonesia

2019 Pemda Buton Target, Festival Budaya Tua Buton Masuk Kalender 100 Wonderful Indonesia
FESTIVAL BUDAYA TUA BUTON - Muhamad Ricky Fauziani, Asisten Deputi Pengembangan Pemasaran Regional Kementrian Pariwisata wilayah Bali, Sulawesi dan Papua Nugini. (Suparman nanang/ZONASULTRA.COM).

ZONASULTRA.COM,PASARWAJO – Kementrian Pariwisata Republik Indonesia dan Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) menargetkan pada tahun 2019 mendatang Festival Budaya Tua Buton masuk dalam kalender 100 wonderful events Indonesia.

Asisten Deputi Pengembangan Pemasaran Regional Kementrian Pariwisata wilayah Bali, Sulawesi dan Papua Nugini Muhamad Ricky Fauziani mengatakan, sesuai dengan kriteria-kriteria Dinas Pariwisata Kabupaten Buton mengusulkan kepada pemerintah Provinsi dalam hal ini Dinas Pariwisata Provinsi , yang selanjutnya diteruskan ke Kementerian Pariwisata.

“Karena di Kementerian Pariwisata sendiri ada proses kurasi, namun sebelum dikurasi terlebih dahulu dibidding yaitu para kadis diminta menyampaikan keunikan dari pada eventnya,”kata Ricky Fauziani, ditemui awak media usai gelaran festival di perkantoran bupati, Minggu (26/8/2018).

Baca Juga : Enam Perguruan Silat Asal Buton Meriahkan Festival Budaya Tua

Ricky menyanjung jika tradisi dan budaya yang ada di kepulaun Buton ini sangat unik dan beragam. Dan hal itulah yang menjadi daya tarik untuk menggaet wisatawan lokal maupun manca negara.

“ Budaya yang ditampilkan menarik sekali. Saya ras event seperti ini akan lebih baik dinikmati bukan hanya masyarakat Kabupaten Buton saja atau kepulauan Buton, tapi ini masyarakat internasional,” katanya.

Ricky menambahkan untuk mengembangkan dan mempromosikan budaya di suata daerah salah satu cara yang dapat dilakukan dengan rutin menggelar festival. Data Kemenpar setiap tahunya ada sekitar seribu event yang digelar, namun daei seluruh event tersebut rupanya yang masuk dalam kalender event pariwisata nasional hanya 100 event.

Baca Juga : Lomba Dayung Meriahkan Festival Budaya Tua Buton

Tempat yang sama Gubernur Sultra Teguh Setyabudi melalui Asisten 1 Setda Provinsi Sarifuddin Safaa mengatakan pada tahun-tahun mendatang pemerintah provinsi akan mendorong semua Kabupaten/Kota se Sultra bisa mengembangkan semua kegiatan-kegiatan budaya utamanya yang sudah berjalan seperti kegiatan event Festival Budaya Tua Buton .

“Jadi kami target dan harapkan pada tahun 2019 mendatang event Festival Budaya Tua Buton ini, sudah bisa masuk dalam event kalender Nasional kementrian Pariwisata,” B

 


Editor : Tahir Ose
Reporter : Suparman Nanang

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib